Leonardo DiCaprio Diduga Menerima Uang Hasil Korupsi di Malaysia

Kamis, 20 Oktober 2016 11:14 Penulis: Mahardi Eka
Leonardo DiCaprio Diduga Menerima Uang Hasil Korupsi di Malaysia KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Kabar tidak sedap datang dari aktor pemenang Oscar tahun lalu, Leonardo DiCaprio. Aktor yang juga aktivis lingkungan hidup ini sedang diperiksa Departemen Kehakiman AS atas dugaan telah menerima uang hasil korupsi di Malaysia yang diterimanya lewat yayasan lingkungan hidup miliknya, Leonardo DiCaprio Foundation (LDF). Tidak hanya itu, uang tersebut juga digunakan untuk mendanai film WOLF OF WALL STREET.

BBC menyebut bahwa Leo diduga menerima uang hasil korupsi dari Riza Aziz, anak tiri dari Perdana Menteri Malaysia saat ini, Najib Razak. Riza dikenal sebagai co-founder dan juga chairman dari Red Granite Pictures. Perusahaannya itu yang mendanai film Leo di tahun 2013, THE WOLF OF WALL STREET. Diungkap dalam Wall Street Journal, hubungan antara Leo dan Riza bermula saat Riza dan perusahaannya berminat mendanai proyek film garapan Martin Scorcese itu.

Film Leo, THE WOLF OF THE WALL STREET.Film Leo, THE WOLF OF THE WALL STREET.

Sayang, uang yang diterima Leo tak lain adalah sebagian dari uang hasil penggelapan dana pemerintah Malaysia yang besarnya mencapai US$ 3 miliar atau setara Rp. 39 triliun. Uang tersebut ditengarai diambil dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB), sebuah yayasan yang didirikan oleh Najib Razak untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Malaysia melalui pengembangan ekonomi serta peningkatan kerjasama di lingkup mancanegara.

Departemen Kehakiman US menduga bahwa uang negara yang ada di 1MDB telah dikorupsi oleh beberapa oknum, yang diantaranya adalah Najib Razak dan orang-orang dekatnya. Dari banyak dugaan penggunaan uang tersebut, salah satunya berujung pada Leonardo DiCaprio Foundation dan proyek film THE WOLF OF WALL STREET.

Hal ini diperkuat juga oleh pidato Leo dalam ajang Golden Globe yang berterima kasih dengan menyebut beberapa nama orang dekat Najib Razak sebagai kolaborator dalam pembuatan filmnya.

Leonardo DiCaprio mendukung penuh penyelidikan

Dengan kasus yang sedang diusut oleh Departemen Kehakiman AS ini, Leo melalui perwakilannya menyatakan mendukung penuh investigasi yang sedang berlangsung . Ia mengutus perwakilannya untuk menghubungi Departemen Kehakiman guna mengetahui apakah dia atau yayasannya pernah menerima hadiah maupun sumbangan langsung atau tidak langsung. Jika hal tersebut benar, Leo berjanji akan segera mengembalikan hadiah atau sumbangan yang telah diberikan kepadanya maupun yayasannya.

"Baik DiCaprio dan yayasannya, Leonardo DiCaprio Foundation akan terus mendukung segala bentuk tindakan untuk memastikan keadilan ditegakkan dalam kasus ini," ujar perwakilan Leo. Saat ini, Leo dan pihaknya sedang menunggu arahan dari Departemen Kehakiman.

"Mr. DiCaprio bersyukur atas petunjuk dan arahan dari pemerintah terkait penyelesaian kasus ini," pungkas perwakilan Leo tersebut. Alih-alih panik dan malu atas terungkapnya kasus ini, Leo tampaknya justru berterima kasih dan mengharapkan penyelesaian terbaik.

(cnb/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING