Meghan Markle, Aktris Amerika Pertama Yang Jadi Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

Sabtu, 05 Mei 2018 09:38 Penulis: Wulan Noviarina
Meghan Markle, Aktris Amerika Pertama Yang Jadi Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Meghan Markle ©AFP

Kapanlagi.com - Menyibak kehidupan Meghan Markle, terasa seperti membuka lembaran buku penuh warna berbeda yang tak membosankan untuk terus dikulik hingga lembar paling akhir. Bakal jadi seorang puteri dari keluarga Kerajaan Inggris, kehidupan Meghan jauh dari sempurna.

Apa yang dialami oleh Meghan selama hidupnya sebelum menjadi tunangan Pangeran Harry tak jauh beda dengan keluarga masyarakat kebanyakan di dunia ini. Ada pasang surutnya, ada sedih dan bahagia, patah hati dan kesempatan kedua.

Belakangan, ia membuat banyak perempuan iri karena berhasil mencuri hati Pangeran Harry. Dan tak hanya sekedar pacaran, dalam hitungan hari Meghan akan menjadi istri dari putra kedua Putri Diana dan Pangeran Charles tersebut.

Keluarga Campur-Campur

Darah yang mengalir dalam diri Meghan Markle adalah campuran dari banyak negara ©AFPDarah yang mengalir dalam diri Meghan Markle adalah campuran dari banyak negara ©AFP



Meghan Markle lahir dengan nama Rachel Meghan Markle pada 4 Agustus 1981 di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ayahnya, Thomas Markle adalah seorang penata cahaya di film-film Hollywood dan kini sudah pensiun. Sementara ibunya, Doria Ragland adalah seorang instruktur yoga dan juga pekerja sosial.

Doria adalah keturunan Afrika - Amerika, sementara Thomas adalah memiliki darah Belanda, Inggris dan Irlandia di dalam dirinya. Dan dengan bangga, Meghan menyebut dirinya sebagai keturunan berbagai ras, dengan darah Afrika yang cukup kental. Darah Afrika inilah yang membuat Meghan menjadi perempuan keturunan kulit hitam pertama yang menikah dengan pangeran dalam sejarah keluarga Kerajaan Inggris.

Ketika ditelusuri lebih lanjut, ternyata masih ada darah bangsawan Inggris dalam keluarga Meghan. Tepatnya dari sisi Thomas, yang masih punya garis keturunan dari Kapten Christopher Hussey, Raja Robert I dari Skotlandia, Sir Philip Wentworth dan istrinya, Mary Clifford yang masih keturunan dari Edward III of England. Wow, panjang juga ya ceritanya.

Namun kedua orangtua Meghan berpisah ketika ia masih berusia 6 tahun. Sejak saat itu, ia tinggal dengan ibunya. Sementara hubungan dengan ayahnya kurang baik, bahkan sampai sekarang.

Si Cantik Yang Cerdas

Meghan sarjana dari dua jurusan berbeda ©AFPMeghan sarjana dari dua jurusan berbeda ©AFP

Meghan melalui masa pendidikan dasarnya di sekolah privat, lalu melanjutkan ke tingkat kedua di SMA Katholik khusus perempuan di Los Angeles. Meghan sendiri adalah seorang penganut Protestan, namun ia menjalani pendidikan di sekolah Katholik hingga tamat SMA.

Selepas SMA, Meghan melanjutkan pendidikannya di Northwestern University. Ia mengambil jurusan teater dan studi internasional, dan berhasil lulus di dua jurusan itu yang membuatnya mendapatkan dua gelar sekaligus.

Meghan fokus menjalani pendidikannya hingga selesai, sebelum akhirnya terjun ke dunia hiburan. Ia sempat magang di Kedutaan Amerika di Argentina, sebelum akhirnya dunia akting lebih menarik perhatiannya ketimbang menjadi pegawai di kedutaan.

Aktris Amerika Pertama Yang Menikah Dengan Keluarga Kerajaan Inggris

Hati Harry tertambat pada Meghan yang seorang janda dan aktris dari Amerika. Hal yang tidak biasa dalam keluarga Kerajaan Inggris ©AFPHati Harry tertambat pada Meghan yang seorang janda dan aktris dari Amerika. Hal yang tidak biasa dalam keluarga Kerajaan Inggris ©AFP

Karir Meghan di dunia seni peran berawal dari dunia televisi. Pada tahun 2002 ia membintangi serial General Hospital, namun kala itu perannya masih sangat sedikit. Perlahan, ia meniti karir di dunia televisi Hollywood dan sukses menjadi aktris papan atas yang membuat namanya dikenal di seluruh dunia dan juga membawanya ke perkenalan dengan Pangeran Harry.

Kisah cintanya dengan Pangeran Harry membuat Meghan menjadi aktris Amerika pertama yang menikah dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris. Sebelumnya, tak ada aktris dari Amerika yang menikah dengan anggota keluarga kerajaan. Salah satu penyebabnya adalah aturan kerajaan yang lebih memilih perempuan asli Inggris sebagai bagian dari keluarga mereka dibandingkan dengan perempuan dari negara lain.

Meski demikian, Meghan bukanlah perempuan Amerika pertama yang menikah dengan keluarga Kerajaan Inggris. Sebelumnya ada Wallis Simpson, seorang sosialita dari Amerika Serikat yang memikat hati Raja Edward VII.

Yang membuat kisah Wallis dengan Meghan berbeda adalah restu dari keluarga kerajaan. Hubungan Wallis dengan Raja Edward VII tidak disetujui oleh pihak kerajaan dan membuat sang raja rela melepaskan tahtanya demi cinta. Sementara hubungan Meghan dengan Harry mendapatkan restu dari kerajaan, dan disetujui oleh Ratu Elizabeth II yang tak lain adalah nenek Harry.

Meghan Lepaskan Karir di Hollywood Demi Harry

Si cantik yang baik hati. Meghan sudah lama aktif di bidang kemanusiaan sebelum ia mengenal Harry ©AFPSi cantik yang baik hati. Meghan sudah lama aktif di bidang kemanusiaan sebelum ia mengenal Harry ©AFP

Menikah dengan seorang pangeran bukanlah sebuah hal yang mudah. Banyak hal harus dikorbankan oleh Meghan Markle demi cintanya kepada Harry. Salah satunya adalah soal karirnya di dunia akting yang sudah membesarkan namanya.

Sebelum menikah, Meghan memutuskan untuk pensiun dari dunia akting dan fokus pada kegiatan kemanusiaan. Kegiatan ini bukanlah hal yang asing bagi Meghan, karena ia sudah lama terjun ke dunia sosial sejak sebelum kenal dengan Pangeran Harry. Meski pensiun dari dunia yang ia cintai bukan hal yang mudah, tapi Meghan yakin dengan pilihannya dan memutuskan fokus ke kegiatan kesukaannya yang lain, berbagi dengan sesama.

Sejak kecil Meghan sudah terbiasa berbagi dengan orang lain. Meski kehidupannya dulu kesusahan, namun keluarganya selalu mengajarkan untuk berbagi kepada sesama, sesusah apapun keadaan mereka.

Ia adalah konselor One Young World yang merupakan badan amal internasional. Karena aktivitasnya di dunia sosial, Meghan kerap bepergian ke negara-negara konflik seperti Afghanistan untuk memberikan bantuan. Meghan juga pernah melakukan lawatan ke India, Rwanda, Spanyol dan banyak negara lainnya untuk berkampanye tentang lingkungan dan kemanusiaan.

Well, si cantik ini memang cocok buat Pangeran Harry ya...

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING