HOLLYWOOD

Menikah Pakai Gaun Sumbangan dan Hal Mengejutkan Lain dari Ratu Elizabeth II

Selasa, 26 Maret 2019 16:43 Penulis: Rezka Aulia

Menikah dengan gaun sumbangan, tidak gaptek dan masih banyak lagi keunikan Ratu Elizabeth. © AFP

Kapanlagi.com - Ratu Elizabeth merupakan penguasa Kerajaan Inggris terlama hingga saat ini. Tak hanya terlama di Inggris, bisa jadi Ratu Elizabeth penguasa kerajaan terlama di seluruh dunia bila dibanding dengan kerajaan lain.

Ternyata ini bukanlah satu-satunya fakta menarik tentang wanita dengan nama Elizabeth Alexandra Mary ini. KapanLagi telah mengumpulkan beberapa informasi yang tak banyak orang tahu tentang Ratu Elizabeth II.

 

1. Menikah Pakai Gaun Sumbangan

Elizabeth menikah dengan Philip Mountbatten yang merupakan pangeran dari Yunani dan Denmark pada tahun 1947. Pernikahan yang digelar pasca perang dunia kedua ini jauh dari kesan glamor. Pasalnya saat itu Kerajaan Inggris masih dalam masa pemulihan pasca perang.

Elizabeth harus menabung demi memakai gaun pengantin impiannya. Ia bahkan membeli bahan gaunnya dengan kupon jatah pakaian. Gaun ini didesain oleh Norman Hartnell, berbahan satin dan berhiaskan ribuan mutiara.

Namun ternyata bahan kain yang disediakan Elizabeth tak cukup. Akhirnya gadis-gadis dari seluruh pelosok Inggris menyumbang kupon jatah pakaian mereka agar Elizabeth bisa memakai gaun istimewanya.

2. Sinyal Rahasia untuk Staff

Ratu Elizabeth memiliki kode spesial untuk berkomunikasi dengan staff di sekitarnya. Ia memanfaatkan tas tangan yang biasa ia pegang untuk mengirim kode tertentu.

Contohnya, meletakkan tas di atas meja menjadi kode ia ingin segera pergi dalam waktu 5 menit. Bila ia ingin menyudahi pembicaraan dengan seseorang, ia akan memindahkan tas dari tangan kiri ke kanan atau sebaliknya. Bila tas sudah berpindah para staff dengan cekatan akan mengantar sang Ratu.

Inilah alasan mengapa Elizabeth selalu terlihat membawa tas kecil di setiap acara. Ratu memang punya cara efisien untuk berkomunikasi kan?

3. Perhatikan Riasan

Meski seorang penguasa negara yang berurusan dengan politik, Ratu Elizabeth masih peduli kecantikan loh. Ratu Elizabeth termasuk wanita yang memperhatikan riasan bibirnya.

"Di akhir jamuan makan, ia memiliki kebiasaan membuka tas dan memperbaiki lipstiknya," tulis Sally Badell Smith seorang penulis biografi kerajaan.

Bahkan Elizabeth menularkan kebiasaannya ini pada Laura Bush, mantan ibu negara Amerika Serikat. "Sang Ratu mengatakan padaku ini hal baik untuk dilakukan," ujar Laura dilansir dari Vogue.

4. Belajar Mengendarai Mobil Sejak Remaja

Hingga usianya yang telah senja Ratu Elizabeth terlihat beberapa kali mengendarai mobil sendiri. Hal ini karena ia telah belajar menyetir mobil sejak usia 19 di tahun 1945.

Tepatnya sejak ia bergabung di korps wanita British Army dan bertugas sebagai mekanik plus supir ambulans. Elizabeth muda pernah merasakan sendiri mencekamnya suasana perang dunia kedua. Ia menjadi anggota Kerajaan Inggris pertama yang bisa mengendarai mobil.

Meski demikian, Ratu Elizabeth tidak memiliki lisensi mengemudi loh! Well Ratu Elizabeth juga tidak punya passpor loh. 

5. Penguasa Paling Modern

Selain menjadi penguasa paling lama di dunia, Ratu Elizabeth juga penguasa paling modern loh. Pada tahun 1976 ia menjadi penguasa Kerajaan Inggris pertama yang mengirimkan email. Hal ini ia lakukan saat sosialisasi di pusat angkatan bersenjata Inggris.

Ratu Elizabeth juga termasuk melek sosial media loh, KLovers. Seperti kita ketahui, Kerajaan Inggris memiliki akun youtube, twitter dan instagram. Sesekali Elizabeth akan menulis sendiri unggahannya, yang diakhiri dengan paraf 'Elizabeth R'.

Arti 'R' sendiri adalah Regina yang dari bahasa Latin berarti Ratu. Tak hanya tulisan digital, dalam surat tulisan tangan pun Elizabeth akan menuliskan 'Elizabeth R'.

 

(kpl/rna)

Editor: Rezka Aulia


REKOMENDASI
TRENDING