Ramai Bunga Jelitha 'Unplaced' Dari Miss Universe 2017, Apa Sih Artinya?

Senin, 27 November 2017 11:28 Penulis: Wulan Noviarina
Ramai Bunga Jelitha 'Unplaced' Dari Miss Universe 2017, Apa Sih Artinya? Bunga Jelitha ©KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Ketika Bunga Jelitha gagal masuk ke babak 16 besar ajang Miss Universe 2017, banyak netizen yang menyebut bahwa perwakilan dari Indonesia ini 'unplaced' dari gelaran kontes kecantikan dunia tersebut. Kemudian muncul pertanyaan, apa sih unplaced itu?

Dari terjemahannya, unplaced artinya tidak mendapatkan tempat. Dan untuk ajang Miss Universe, unplaced artinya tidak mendapatkan posisi di babak semifinal, yang tahun ini disebut sebagai babak 16 besar.

Meski demikian, bukan berarti perwakilan dari sebuah negara langsung pulang karena tidak mendapatkan posisi di babak semifinal. Karena penentuan placed dan unplaced ditentukan pada malam final, yang menjadi hari terakhir ajang Miss Universe.

Bunga gagal masuk semifinal, karena itu disebut 'unplaced' ©KapanLagi.com®Bunga gagal masuk semifinal, karena itu disebut 'unplaced' ©KapanLagi.com®

Bagi masyarakat Indonesia, gagalnya Indonesia masuk ke babak semifinal ini tentu mengecewakan. Apalagi sudah empat tahun berturut-turut Indonesia bisa melaju ke babak semifinal. Meski gagal jadi juara, namun masuk ke semifinal saja sudah merupakan kebanggaan.

Namun tidak hanya Indonesia saja yang pernah mengalami siklus placed dan unplaced di Miss Universe. Negara yang langganan jadi juara dan semifinalis Miss Universe seperti Venezuela pun pernah merasakannya.

Tahun 2016 lalu, finalis dari Venezuela, Mariam Habach menjadi jagoan dari para pengamat ajang kontes kecantikan. Penampilan Mariam sepanjang perhelatan Miss Universe berlangsung sangat meyakinkan, dan kegagalannya masuk semifinal yang kala itu 13 besar, membuat banyak orang syok.

Bunga kala memperagakan kostum nasional Indonesia di depan wartawan di Jakarta ©KapanLagi.com/Budy SantosoBunga kala memperagakan kostum nasional Indonesia di depan wartawan di Jakarta ©KapanLagi.com/Budy Santoso

Ada banyak faktor yang membuat perwakilan dari suatu negara bisa masuk ke babak semifinal. Tentu saja, brain, beauty dan behaviour menjadi tiga poin utama yang menentukan mereka bisa masuk semifinal atau tidak.

Tahun ini, siklus unplaced sedang dialami oleh Indonesia, dan juga pernah dialami oleh negara-negara lain. Tapi ini bukan akhir segalanya bukan? Dari kegagalan Bunga, tentu ada banyak hal yang dipelajari oleh Yayasan Puteri Indonesia untuk mempersembahkan yang lebih baik lagi di ajang Miss Universe tahun-tahun mendatang.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING