Seleb Hollywood Kompak Berbaju Hitam di Red Carpet Golden Globes 2018, Ada Apa?

Senin, 08 Januari 2018 08:58 Penulis: Mahardi Eka
Seleb Hollywood Kompak Berbaju Hitam di Red Carpet Golden Globes 2018, Ada Apa? AFP

Kapanlagi.com - Gelaran red carpet Golden Globes 2018 berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selebriti yang hadir di situ kompak berbaju hitam semua. Pilihan busana berwarna hitam ini tidak sekadar memilih warna saja melainkan sebuah pernyataan bahwa para selebriti Hollywood sedang berduka atas terungkapnya pelecehan seksual dalam industri perfilman dan pertelevisian Amerika Serikat.  

Tidak hanya dari busana saja, protes tersebut juga nampak dari hadirnya para aktivis keseteraan gender dan ras dalam gelaran red carpet. Aktris gaek Meryll Streep misalnya, mengajak serta Ai-Jen Po sebagai pendamping dirinya dan memberikan "panggung" kepada Ai-Jen. Meryll seperti diketahui sedang getol menyuarakan protesnya atas maraknya pelecehan seksual di Hollywood, dan di banyak negara. Selain Meryll, ada Michelle Williams yang mengajak serta founder 'Me Too' Tarana Burke bersamanya. Me Too adalah tagar di media sosial yang mengajak dan menguatkan para korban pelecehan seksual untuk menyuarakan pengalaman mereka. 

Banyak pihak sudah menduga bahwa aksi ini bakal berlangsung mengingat protes para selebriti dan aktivis akan maraknya pelecehan seksual di Hollywood terus berlangsung hingga minggu-minggu ini. Bermula dari protes kepada Harvey Weinstein, protes tersebut juga dialamatkan kepada sosok-sosok penting dalam dunia hiburan lainnya, seperti misalnay Kevin Spacey, Louis CK, dan sutradara Brett Rattner.

Aksi berbusana hitam ini adalah kelanjutan dari gerakan Time's Up yang diikuti oleh 300 perempuan di Hollywood. Streep yang menjadi salah satu anggotanya mengatakan, "Orang-orang sadar bahwa ada ketimpangan kekuasaan sehingga menuntun kepada penindasan. Ada penindasan di industri ini, dalam militer, dalam Kongres. Kami ingin mengubahnya menjadi lebih baik".  

Aksi ini menjadi pembeda Golden Globes tahun ini sebab sebelumnya ajang ini dinilai hanya sebagai ajang foya-foya para pelaku perfilman dan pertelevisian. Tidak lebih. Kini dengan adanya protes ini, imej itu bakal berubah. 

Golden Globe Awards atau biasa disebut Golden Globes adalah salah satu penghargaan perfilman serta pertelevisian yang dipandang terpercaya di industri perfilman Amerika Serikat. Ajang yang digelar oleh Hollywood Foreign Press ini telah memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-75. Tahun ini mereka memberi penghargaan khusus kepada Oprah Winfrey. 

Simak updatenya terus di KapanLagi.com

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING