#SusahnyaJadiArtis Saat Robert Downey Jr Karirnya Harus Anjlok Gara-Gara Narkoba

Kamis, 23 November 2017 13:08 Penulis: Ferry Sanjaya
#SusahnyaJadiArtis Saat Robert Downey Jr Karirnya Harus Anjlok Gara-Gara Narkoba Robert Downey Jr © CNET

Kapanlagi.com - Siapa yang tak mengenal sosok Robert Downey Jr? Oh, kamu tak mengenalnya? Bagaimana jika kami sebutkan perannya yang paling terkenal, biliuner Tony Stark sekaligus superhero Iron Man, sudah kenal?

Downey yang kini berusia 52 tahun memang sudah merasakan banyak hal dalam hidupnya. Kisahnya yang inspiratif adalah saat karirnya sedang menanjak naik, dirinya harus mendapati karirnya hancur lebur karena kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang.

Dirinya membuat debut akting di usia 5 tahun, bermain sebagai anak anjing yang sakit dalam absurdist comedy Pound tahun 1970. Ketika orangtua mereka bercerai tahun 1978, dirinya pindah ke California bersama sang ayah, namun pada tahun 1982 dirinya drop out dari Santa Monica High School dan kembali pindah ke New York untuk mengejar karir aktingnya.

Robert Downey, Jr. © HollywoodlifeRobert Downey, Jr. © Hollywoodlife

Dirinya pun mengejar karirnya hingga poada tahun 1992, Downey sukses memerankan sosok Charlie Chaplin dalam film CHAPLIN. Peran tersebut diganjar nominasi Academy Award untuk Best Actor, walaupun pemenangnya adalah Al Pacino untuk perannya dalam SCENT OF A WOMAN.

Dari situ karirnya melesat naik, dan membintangi beberapa film papan atas. Sayangnya, medio 1996 hingga 2001, dirinya ditangkap beberapa kali karena pemakaian obat-obatan terlarang, termasuk Kokain, Heroin dan ganja. Downey pernah ditahan pada bulan April 1996 karena kepemilikan heroin dan kokain, serta membawa pistol yang siap ditembakkan plus mengebut di jalanan. Sebulan setelahnya, dirinya kembali ditahan karena menerobos halaman tetangganya dalam pengaruh obat-obatan terlarang.

Dirinya juga pernah ditahan karena mangkir dari tes obat-obatan terlarang pada tahun 1997. Karena obat-obatan tersebut, karirnya menuju ke kehancuran. David E. Kelley, produser serial Ally McBeal memerintahkan untuk menghapus semua scene Downey dan mengadakan syuting ulang bagi semua pemerannya tanpa Downey, yang kala itu lagi-lagi dipenjara pada bulan April tahun 2001. Padahal, saat itu justru Downey yang membuat rating serial tersebut naik.

Robert Downey, Jr. © FanfestRobert Downey, Jr. © Fanfest

Sebelumnya, Downey juga mendapatkan peran sebagai pengisi suara Devil dalam serial animasi God, the Devil and Bob milik NBC. Sayangnya, perannya dibatalkan dan dirinya dipecat karena tak datang saat sesi rehearsal.

Downey sendiri memang sudah dari kecil dikelilingi oleh obat-obatan terlarang. Ayahnya adalah seorang pecandu narkoba, dan Downey sudah mencoba barang haram tersebut sejak usia 8 tahun. Bahkan dirinya dan sang ayah pernah memakai obat-obatan terlarang bersama-sama.

Namun Downey rupanya memiliki keinginan yang kuat untuk bersih dari obat-obatan terlarang. Setelah 5 tahun berkutat di obat-obatan terlarang, bolak balik ke penjara dan tempat rehabilitasi, dirinya pun mulai bangkit. Dirinya mencoba sebisa mungkin untuk bersih dari narkoba dan kembali ke karir filmnya.

Titik baliknya di dunia film datang saat dirinya berperan dalam film THE SINGING DETECTIVE tahun 2003. Downey bisa tampil dalam film ini karena jasa Mel Gibson, sahabat karibnya yang memberikan jaminan jika Downey tak akan berulah maupun berurusan dengan obat-obatan terlarang selama proses syuting.

Robert Downey, Jr. © CNETRobert Downey, Jr. © CNET

Dari situ, karirnya kembali naik. Puncaknya adalah pada tahun 2008, dimana dirinya membintangi 2 film yang sangat sukses, IRON MAN dan TROPIC THUNDER. Khusus untuk IRON MAN, perannya sebagai Tony Stark-lah yang membuatnya sangat dikenal saat ini. Banyak yang mengatakan jika peran Tony Stark memang diciptakan khusus untuknya, seperti Johnny Depp yang perannya tak terganti sebagai Captain Jack Sparrow, atau Hugh Jackman dengan peran Wolverine-nya.

Kisah Downey membuktikan jika menjadi seorang seleb menang tidak gampang, karena godaan-godaannya sangat banyak dan bahkan bisa berpotensi untuk menghancurkan karirmu. Jadi, masih berminat untuk mengejar karir sebagai artis?

(kpl/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya


REKOMENDASI
TRENDING