SELEBRITI

Acara 7 Bulanan Bikin Bingung Ardina Rasti Soal Jenis Kelamin Anak

Senin, 01 Oktober 2018 09:15 Penulis: Rahmi Safitri

Ardina Rasti © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika saat ini sedang menunggu momen-momen kelahiran anak pertama mereka. Rasti pun kini sudah hamil 7 bulan dan baru saja menjalani prosesi siraman 7 bulanan atau yang biasa disebut dengan mitoni. Acara itu pun digelar di Pendopo Kemang, Minggu (30/9/2018).

Acara ini pun dipercayakan Rasti dan Arie pada pihak keluarga besar yang dianggap lebih paham tentang tradisi Jawa ini, dibantu oleh pihak wedding organizer. Tahapan acara ini banyak banget dan menggunakan bahasa Jawa, yang kebetulan memang Rasti punya keturunan Jawa yang sangat kental.

"Kita sih bangga ya dapat kesempatan untuk menjalani prosesi adat ini, karena ya kalau nggak ngalamin kayak gini  nggak pernah tahu. Ternyata hampir semua orang Jawa kalau udah 7 bulanan ngalamin kayak gini. Kalau dulu kan, siraman pas mau nikah, ternyata pas 7 bulanan ada siraman juga. Dan menurut aku prosesinya lebih panjang dan ribet sih, cuma kalau bukan kita siapa yang ngelestariin?" kata Rasti. 

1. Soal Mitoni

Acara 7 bulanan kehamilan yang dijalani Rasti dengan bantuan keluarganya ini disebut juga dengan mitoni. Selain siraman, acara ini juga diisi dengan pengajian, memecahkan cangkir, menjual rujak, menggelindingkan telur dan lain-lain. Setiap proses ini diyakini punya makna tersendiri. Contohnya menggelindingkan telur diyakini bisa membuat proses persalinan nanti berjalan lancar.

"Sebenarnya kan yang pasti ada pengajiannya, siraman. Siramannya juga beda. Bedanya kalau misalnya kita mau nikah ang nyiram itu harus udah punya anak. Nah kalau 7 bulanan itu harus udah punya cucu. Jadi ya ternyata kayak gitu. Terus ada prosesi jualan rujak. Jadi kalau rujaknya enak, anaknya perempuan. Terus kalau rujaknya kepedesan itu anaknya laki-laki. Tapi menurut aku seribet-ribetnya, semuanya penuh doa sih. Nggak ada yang kelewat satu pun. Sampai tadi kan ada ganti baju 7 kali, itu urutan kainnya jangan sampai salah. Terus tiap kain ada artinya. Kalau kita nggak jalanin ini, kita nggak bakal tahu kalau tradisi kita seindah ini," jelas Rasti.

2. Terharu Saat Pengajian

Seperti yang disebutkan sebelumnya, acara 7 bulan kehamilan ini juga diisi dengan pengajian. Keduanya pun sempat membaca beberapa surat Alquran dan terlihat terharu. Ternyata nih bukan cuma pas mitoni saja, menjelang tidur tiap harinya pun baik Rasti maupun Arie juga sering membacakan ayat-ayat Alquran untuk anak mereka di kandungan.

"Karena selama pengajian tuh lucu banget. Jadi kan ternyata bayi yang di perut goyang goyang mulu. Terharu aja, denger pengajian kok dia bereaksi. Bereaksi banget," kata Rasti.

"Jadi selalu ya setiap mau tidur kita bacain quran. Tiap dibacain 1uran dia beraksinya tuh terus. Biasanya jam segini tuh jam tidur, cuma kok tadi kayak gerak," lanjut Arie.

Rasti punya istilah sendiri untuk anak dalam kandungannya yang bergerak-gerak di perut. Ia menyebutnya dengan ndul-ndulam. Hal itu pun dia sampaikan pada suami.

"Kita ngomongnya ndul-ndulan. Tadi lagi baca aku ngomong ke Arie, 'A', kok tadi ini ndul ndulan ya dia'. Hahhaha. Ternyata pas lagi dibacain artinya aja dia diem aja begitu udah mulai pengajian gitu, dia diem lagi lucu banget. Biasanya dia bereaksinya sama suaranya Arie doang," kata Rasti.

3. Anaknya Cowok Atau Cewek?

Katanya sih dari proses 7 bulanan ini bisa dilihat lho jenis kelamin anak di masa depan apa. Saat ditanyakan kepada Arie dan Rasti keduanya malah makin bingung, soalnya tiap proses menunjukkan jawaban yang berbeda.

 

"Kasih tahu nggak ya? Sekarang nggak ya?  Kalau menurut kelapa yang tadi digelindingin, yang mama tangkep itu cowok ternyata. Tapi kalau yang dipecah cewek," kata Arie.

Rasti menambahkan pendapat dari sang suami. "Bingung kan jadinya? Kalau rujak tadi pada kepedesan, cowok. Kalau nenurut USG, jujur kita baru mau tahu bulan depan sih. Karena kita mau tahu ini dulu. Kita mau tahu hasilnya apa, mau kita cocokin. Jadi kayaknya sih cowok ya. Kalau ngitung-ngitung tadi dari rujak. Dari kelapa, apanya itu cowok. Tapi nggak tahu juga sih. Kita lihat nanti," pungkasnya.

Yang penting Rasti sehat terus sampai melahirkan nanti :)


REKOMENDASI
TRENDING