Ayah Marshanda 8 Bulan Menenangkan Diri di Pondok Pesantren

Selasa, 24 Januari 2017 16:15 Penulis: Ahmat Effendi
Ayah Marshanda 8 Bulan Menenangkan Diri di Pondok Pesantren Marshanda ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Ayah kandung artis Marshanda, Irwan Yusuf (50) beberapa bulan terakhir ternyata tinggal di satu pondok pesantren yang ada di kota Malang. Ia memilih menenangkan diri di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, dan menuntut ilmu agama sejak pertengahan tahun 2016. 

"Beliau mondok sudah sekitar 8 bulan," kata Muhammad Ubay Cikdik Tiro, pendamping Irwan Yusuf di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Jalan Joyo Agung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Selasa (24).

Kata Ubay, tidak ada perlakuan khusus selama Irwan belajar di pondok pimpinan KH Edy Lukman Al Karim atau Gus Lukman itu. Sehari-hari membaur dan bersosialisasi dengan para santri yang lain.

"Biasa saja, membaur dengan santri yang lain. Namanya pondok pesantren, di sini belajar ilmu agama, tempat belajar bersosialisasi. Belajar agama dan ilmu-ilmu yang lain tidak ditinggalkan," katanya.

Ubay menolak bercerita tantang kondisi Irwan secara detail, karena yang bersangkutan berstatus sebagai pasien. Pihak pondok pun tidak berkenan memberi keterangan tanpa seizin pimpinan pondok. Sementara Gus Lukman sendiri tengah berada di Jakarta.

Pondok Pesantren tempat ayah Marshanda tinggal saat ini. ŠKapanLagi.com/Darmadi SasongkoPondok Pesantren tempat ayah Marshanda tinggal saat ini. ŠKapanLagi.com/Darmadi Sasongko

Saat dikonfirmasi tentang Marshanda yang tidak pernah menjenguk, Ubay berusaha menutupi, kendati tidak membantah. Keluarga yang datang ke pesantren hanya saudara-saudara Irwan.

"Ya seperti yang di berita-berita itu. Bukan tidak menjenguk tetapi belum menengok saja. Artinya kan berbeda, hanya belum saja," katanya.

Kata Ubay, keluarga Irwan sangat perhatian dan beberapa kali berkunjung. Saat pertama kali datang ke Pondok Pesantren tersebut, Irwan juga didampingi keluarganya.

Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh sebelum ini dikenal sebagai tempat rehabilitasi korban narkoba. Pondok yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo pada Mei 2015 itu berlokasi di atas tanah sekitar 8 hektar.

"Kalau sakitnya apa dan kondisinya seperti apa, sebaiknya ke Pimpinan pesantren saja. Harus izin keluarga untuk publikasi," katanya.

Sebelumnya Irwan mengalami stres saat terjaring Satpol PP di Jakarta pada bulan Maret 2016. Ia ditemukan mengemis di jalanan di Jakarta. Padahal yang bersangkutan sebelumnya pernah berbisnis dalam bidang properti dan jasa PJTKI.

(kpl/dar/sjw)

Reporter:

Darmadi Sasongko


REKOMENDASI
TRENDING