Baru Pulang Ibadah Haji, Armand Maulana Ingin Perdalam Ilmu Agama

Kamis, 28 September 2017 13:15 Penulis: Ahmat Effendi
Baru Pulang Ibadah Haji, Armand Maulana Ingin Perdalam Ilmu Agama Armand Maulana ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Tahun 2017 ini menjadi tahun yang penting bagi Armand Maulana dan Dewi Gita. Pasangan ini baru saja menjalani ibadah haji ke tanah suci. Armand pun mengungkap bahwa selama di Mekah dan Madinah ia lebih banyak memikirkan ibadah serta sang anak yang ada di rumah.

"(Yang berubah) Rambut. Hahaha yang berubah apa ya? Ya kalau ngomongin pengalaman spiritual itu susah diomongin kan tapi di sana yang jelas saya merasa banyak banget pengalaman dan pelajaran. Ternyata banyak pelajaran spiritual saya masih cetek, sepulang dari sana harus meningkat ya," ujar Armand Maulana di Pisa Cafe, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2017).

Pulang dari haji, Armand merasakan semangat untuk memperdalam agama. Apalagi ketika berada di tanah suci yang ia pelajari banyak yang harus dimulai dari dasar lagi. Armand merasa harus mendapatkan lebih banyak ilmu lagi.

Armand Maulana merasa ilmu agamanya masih cetek. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaArmand Maulana merasa ilmu agamanya masih cetek. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Di sana juga mendapatkan bimbingan dari seseorang dan beberapa ustad yang memang pemikirannya simple bahwa haji itu adalah ibadah yang paling tinggi dari seluruh tingkatan. Ibadah haji ada 3 komponen, mental, fisik, dan materi. Jadi semuanya bener-bener harus berkorban. Misalkan kalau sholat kan ya sholat aja ga perlu pake duit tinggal pakai sejadah, kalau puasa. Nah kalau haji itu kan dari uang aja udah gede, mental dan fisik harus dipersiapkan," ujarnya.

Armand Maulana memberikan perumpamaan bahwa sebagai musisi saat hendak manggung ia telah melakukan sejumlah persiapan. Apalagi saat harus bertemu dengan Allah SWT, sehingga ia ingin memperdalam ilmu.

"Nah bagusnya dari Ustaz yang kita dapat betul itu yang paling atas tapi yang mengajarkan ibadah yang paling dasar. Jadi kyai bilang jadi sangat disayangkan kalau kamu haji tapi masalah wudhu aja kamu masih salah. Jadi itu yang saya dapatkan sih pelajaran pelajaran yang begitu sangat dasar tapi harus bener-bener dipahami," tandasnya.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING