Benyamin, Legenda BetawiIslam Jamaah dan Perceraian Warnai Hidup Benyamin S

Kamis, 19 Juni 2014 17:31 Penulis: Darmadi Sasongko
Islam Jamaah dan Perceraian Warnai Hidup Benyamin S Benyamin S © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Oleh: Darmadi Sasongko

Selama perjalanan hidupnya, Benyamin S pernah ikut terseret dalam kelompok Islam Jamaah yang saat itu dianggap menyimpang oleh sebagian masyarakat. Nama besar Ben sejenak terganggu karena banyaknya pertanyaan yang muncul berikut pemberitaan yang begitu gencar.

Dia mengaku sangat terganggu dengan pemberitaan-pemberitaan yang bersifat pribadi, walaupun seiring waktu terkadang redam dengan sendirinya.

Ben juga pernah diserang isu perselingkuhan, dan kisruh rumah tangganya yang berlarut-larut. Saat itu, persoalan rumah tangganya memang dalam masalah, meski Ben pandai menyembunyikan. Sekitar sepuluh tahun, dia mengaku bertahan dalam kondisi rumah tangga yang sakit.

Awal Agustus 1979, masyarakat baru mendapatkan kepastian, setelah Ben menceraikan istrinya, Nonni. Dia menggelar jumpa pers dan menyatakan bahwa rumah tangganya telah berakhir. Ben saat itu menjatuhkan talak satu pada 7 Juli 1979. Dia mengungkapkan kalau hubungannya dengan Nonni sudah bermasalah sejak 1969.

Benyamin S © KapanLagi.comBenyamin S © KapanLagi.com

Dalam jumpa pers yang dihadiri ratusan wartawan itu Ben juga membantah gosip hubungannya dengan Ida Royani, yang saat itu menjadi pasangan duetnya. Apalagi Ida sendiri juga dalam posisi menjanda, setelah bercerai dengan suami pertamanya, Pangeran Teuku Aziz (Malaysia). Bantahan itu kemudian terbuktikan, karena tidak beberapa lama Ida dinikahi oleh musisi Keenan Nasution pada 25 November 1979.

Beberapa waktu kemudian Ben sempat mengajak rujuk Nonni, namun hanya bertahan sekitar dua tahun. Sekitar pertengahan 1981, mereka resmi bercerai. Dari pernikahan mereka dikaruniai lima anak, yakni Beib Habbani, Bob Benito, Biem Triani, Beno Rahmat dan Beni Pandawa.

Sekitar dua tahun kemudian Ben menemukan tambatan hati yang baru. Dia menikah lagi, dengan mempersunting perempuan asal Kertosono, Jawa Timur bernama Alfiah. Keduanya dipertemukan saat konser di Surabaya tahun 1981.

Saat itu Alfiah menyendiri agak menjauh dari para teman-temannya yang berusaha mendapatkan tanda tangan dan ngobrol dengan Ben. Justru Ben tertarik dengan sikap menyendiri Alviah. Mereka pun akhirnya berkenalan, berlanjut pacaran dan menikah.

Benyamin S © KapanLagi.comBenyamin S © KapanLagi.com

Dari pernikahan dengan Alfiah Ben dikaruniai empat anak, yakni Bayi Nurhayati, Billy Sabila, Bianca Belladina dan Belinda Syahadati. Alfiah sendiri hingga akhir hayat Ben terus mendampingi.

Kendati saat itu belum ada acara-acara infotainment yang menjamur seperti sekarang, kehidupan pribadi Benyamin S sudah menjadi sorotan. Media yang memberitakannya pasti dicari-cari, karena memang Ben sedang populer di dunia hiburan.

Berita-berita negatif sangat mempengaruhi semangatnya berkarya, bahkan sempat terpikir untuk mundur dari dunia hiburan. Namun Ben merasa sudah menyatu dengan dunia seni, sehingga tidak benar-benar meninggalkan dunia seni.

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING