SELEBRITI

Bergelut Dengan Mental Illness, 5 Selebritis Perempuan Ini Kampanyekan Kesadaran Kesehatan Mental

Selasa, 31 Agustus 2021 22:32 Penulis: Editor KapanLagi.com

Marshanda & Ariel Tatum (Credit: KapanLagi.com)

Kapanlagi.com - Kesadaran mengenai pentingnya mengenal kesehatan mental seringkali didemonstrasikan melalui sosial media oleh dokter maupun akun-akun yang bergerak di bidang tersebut. Namun hal itu tidaklah cukup untuk membuat masyarakat menerima, terbuka, dan peka terhadap kesehatan mental orang-orang di sekelilingnya.

Karenanya, beberapa selebritis perempuan ikut angkat bicara dan tidak malu mengakui penyakit mental yang mereka derita. Bahkan mereka sering mengedukasi mengenai kesehatan mental. Hal itu tentu sedikit demi sedikit akan mendorong perubahan pola pikir masyarakat sehingga tidak ada lagi peningkatan angka bunuh diri akibat gangguan kesehatan mental baik itu depresi, anxiety, dan gangguan lainnya.

Berikut 5 selebritis cantik yang seringkali bicara dan mengedukasi soal kesehatan mental.

1. Ariel Tatum

Pemeran film SELESAI ini mulai bicara dan terbuka soal penyakit mental yang ia derita sejak remaja. Ia bahkan sempat vakum dari dunia hiburan beberapa tahun demi mengajak dirinya berdamai dengan kesehatan mentalnya.

Melalui akun instagramnya, Ariel sering membuat video singkat tentang pengalamannya mengatasi hal yang ia rasakan dan mengampanyekan #LetsEndTheShame guna pentingnya menjaga kesehatan mental. Ia bahkan ingin mengubah stigma bahwa orang yang berkonsultasi kepada tenaga profesional seperti psikolog dianggap gila dan mengalami gangguan kejiwaan.

Melainkan, hal tersebut penting dilakukan oleh orang yang merasa memiliki gangguan mental, agar mendapat bantuan penyelesaian masalah dan diberi solusi.

 

2. Marshanda

Marshanda sudah mulai menyadari pentingnya kesehatan mental sejak lama. Mengingat, artis cantik ini menderita Bipolar sejak 2009 lalu. Ia juga menggunakan instagramnya untuk berbicara mengenai pentingnya penerimaan diri. Terlebih, butuh bertahun-tahun baginya untuk berdamai dengan keadaan yang ia lalui.

Ibu dari satu anak ini aktif berbagi cerita mengenai gangguan mental yang ia terima. Lebih memotivasi lagi, ia sering mengajak setiap orang untuk berani dan percaya diri untuk mengungkapkan apa pun suasana hati tanpa harus berpura-pura. Tak hanya itu, ia pun menceritakan bagaimana perubahan bentuk tubuhnya selama pengobatan.

Dalam postingan video IG TV-nya, ia mengajak semua wanita dan siapa pun menerima diri sendiri dan mencintai tubuh apa adanya. Ia juga berpesan untuk menormalisasikan perubahan baik itu pola pikir, kehidupan yang lebih baik, dan selalu bertindak positif.

 

3. Rachel Vennya

Selebgram yang dikenal oleh hampir seluruh pengguna sosial media ini pernah curhat mengenai dirinya yang didiagnosis menderita Bipolar. Hal itu membuatnya terganggu dengan perubahan suasana hati yang tak menentu.

Rachel mengaku memiliki emosional yang tidak stabil sejak ia kecil, bahkan sempat ingin mengakhiri hidupnya. Namun, akhirnya kini ia bisa menerima keadaannya dan mulai terbuka dengan apa yang ia rasakan. Dalam instagram story-nya, ia beberapa kali membagikan pengalamannya tersebut.

Ia mengajak semua orang untuk peka dengan kesehatan mental orang-orang di sekitar, percaya diri dan menerima kondisi apa adanya. Tak kalah penting, ia berpesan bahwa semua orang perlu menjalani kehidupan dengan cara masing-masing.

 

4. Selen Gomez

Penyanyi dunia dan bintang Hollywood ini dikabarkan pernah berjuang melawan gangguan mental. Bahkan sempat membatalkan konsernya beberapa tahun lalu karena kesehatan mentalnya. Setelah perlisisan lagu Bad Liar-nya, sekian lama menjalani terapi, ia mulai bicara mengenai kesadaran kesehatan mental.

Selena juga menemui beberapa dokter hebat untuk menuntunnya melewati perjalanan terapinya. Dalam laman instagramnya juga, ia seringkali mengunggah quotes dan mengajak siapa pun untuk menerima diri sendiri apa adanya. 

 

5. Demi Lovato

Sama dengan yang lainnya, Demi Lovato sering mengunggah kalimat yang menyuarakan banyak hal terutama kesehatan mental, bullying, bahkan identitas diri dan pronouns. Tak sampai di situ saja, pelantun tembang Solo ini juga memiliki film dokumenter berjudul “Beyond Silence.

Film dokumenter tersebut menceritakan tentang 3 orang yang berjuang menghadapi gangguan mental yang berbeda bernama Jeff Fink, Llyod Hale, dan Lauren Burke. Film dokumenternya tersebut mendapat banyak respon positif, sebab telah membantu mengampanyekan kesehatan mental untuk membuat orang lain peka terhadap keadaan orang lain. 

Artikel ini ditulis oleh: Aditia Lestari

 


REKOMENDASI
TRENDING