SELEBRITI

Berkas Perkara Sudah Lengkap, Ratna Sarumpaet Dibawa ke Kejaksaan Tinggi DKI

Kamis, 31 Januari 2019 19:08 Penulis: Gogor Subyakto

Ratna Sarumpaet. © KapanLagi.com/Adi Abbas Nugroho

Kapanlagi.com - Penanganan kasus hoax yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet terus berlanjut. Pihak kepolisian telah menyerahkan berkas perkara kepada pihak Kejaksaan Tinggi DKI.

Surat P21 atau pengesahan secara formil berkas telah lengkap pun sudah diterima. Ibunda dari Atiqah Hasiholan pun segera dibawa kejaksaan untuk diperiksa dan diselidiki lebih lanjut.

"Kami ingin menyampaikan berkaitan dengan kasus yang sedang ditangani. Kemarin dari kejaksaan tinggi DKI sudah mengirimkan surat kepada polda metro jaya berkaitan dengan evaluasi berkas perkara ibu Ratna sarumpaet," ungkap Humas Polda Argo Yuwono, Kamis (31/1).

"Jadi surat kemarin sudah menyatakan bahwa secara formil dan materil sudah lengkap atau P21. Itu sudah kami terima surat P21-nya dan untuk hari ini kita akan menyerahkan tersangka dan barang bukti sebagai tanggung jawab penyidik," sambungnya.

1. Masalah Kesehatan

Dari Kabid Dokes Kombes Umar Syahab juga sempat memberikan informasi mengenai update kasus tersebut. Beliau mengungkapkan prosedur yang dilakukan mulai dari penyelidikan hingga pemeriksaan kesehatan dari Ratna Sarumpaet.

"Kami sampaikan prosedur yang biasa kami lakukan pemeriksaan kesehatan. Dari mulai tahap penyidikan sampai setelah tahap P21. Pemeriksaan untuk ibu Ratna Sarumpaet sebenernya tidak ada yang istimewa kebetulan beliau juga punya kesehatan yang cukup prima dan biasa mengkonsumsi suplemen dan vitamin. Hanya sempat dalam 1 bulan pertama mengeluh atau karena tidak terbiasa sempat mual dan tidak nyaman kita infus tapi tidak sampai kita rujuk ke rumah sakit," ujarnya.

"Itu kita lakukan penanganan di poliklinik kita. Sampai saat ini kondisi Bu Ratna cukup sehat, baik dan siap untuk dilakukan pelimpahan ke tahap berikutnya," sambung Umar Syahab.

2. Kondisi Ratna Sarumpaet

Menurut Desmihardi, kondisi kesehatan Ratna Sarumpaet saat ini baik-baik saja. Saat penyerahan kasus dari penyidik ke JPU pun sempat diperiksa dulu dan dinyatakan sehat. Ia juga mampu beradaptasi dan sudah bisa menerima kenyataan. Ratna juga tidak punya keluhan apapun, meski katanya sempat drop kondisinya di awal 2019.

"Iya jadi itu sebenarnya psikologis sih itu. Bagaimanapun beliau menyesuaikan di dalam. Memang satu bulan awal itu beliau sering diinfus tapi keadaan di november. Terutama beliau ini kan seorang penulis kan ya. Beliau sudah melakukan kegiatan menulis. Iya, beliau sudah menulis sekarang. Banyak hal yang dilakukan beliau. Ya mungkin tentang pribadi beliau. Banyak hal. Macem-macem lah," pungkas Desmihardi.


REKOMENDASI
TRENDING