SELEBRITI

Kasus Hoax Dilimpahkan ke Kejaksaan, Bagaimana Kabar Ratna Sarumpaet Kini?

Kamis, 31 Januari 2019 17:15 Penulis: Rahmi Safitri

Ratna Sarumpaet © liputan6.com

Kapanlagi.com - Kasus hoax aktivis Ratna Sarumpaet yang ramai dibicarakan di media sekitar Oktober tahun 2018 lalu, sampai sekarang masih bergulir secara hukum. Kabar terbaru dari kasus ini adalah P21 yang artinya penyidikan sudah lengkap. Berkas pun sudah dilimpahkan dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum.

Kuasa hukum Ratna, Desmihardi, bersedia memberikan keterangan lebih lanjut soal perkembangan kasus kliennya saat ditemui di Polda Metro Jaya, Kamis (31/1/2019). Ia pun membenarkan soal kasus hoax ini yang sudah P21. Lalu apa komentar keluarga Ratna Sarumpaet soal ini? 

"Tadi Atiqah Hasiholan. Ya kalau kita melihatnya agak menyayangkan aja ya. Terhitung besok kan, masa penahanan ibu Ratna Sarumpaet kan habis. Jadi selama ini dari bulan Oktober kan sampai saat ini tidak ada pemeriksaan lagi. Jadi kita melihat last minute sebelum masa penahanan habis itu dilimpahkan," kata Desmihardi.

"Dari keluarga gitu ada. Setelah dua bulan tidak ada kepastian. Bagaimanapun proses hukum ini adalah kepastian hukum ya. Dengan dilimpahkannya ini nanti kita lihat seperti apa," tambahnya.

1. Langkah Kuasa Hukum

Sebagai kuasa hukum, Desmihardi sudah menyiapkan beberapa langkah, termasuk pasal apa saja yang mungkin akan didakwakan pihak JPU kepada kliennya. Mereka juga akan melihat dampak kasus ini dan juga akan mengeksplor lebih jauh.

"Secara terus terang beliau sudah bertanggung jawab ya. Beliau juga sudah mengakui dengan press conferens tanggal yang beberapa lalu itu di saat jarang orang yang mengakui kesalahannya di depan publik. Kita harus acungi jempol untuk itu. Tapi memang beliau mengakui kesalahan, cuma memang apakah kesalahan ini apakah pidana atau tidak nanti kita debatkan di pengadilan," kata Desmihardi.

2. Selalu Didukung Anak

Seperti yang dijelaskan tadi, Atiqah Hasiholan sempat datang untuk memberikan dukungan kepada sang ibu. Desmihardi pun tak membantah kalau Atiqah memang selalu memberikan dukungan kepada Ratna.

"Ya memang sejak beliau ditahan, keluarganya selalu mendukung. Anak-anaknya setiap hari membesuk kesini. Setiap hari konsultasi sama anak-anaknya, menghibur lah gitu ya," jelas Desmihardi.

3. Kondisi Ratna Sarumpaet

Menurut Desmihardi, kondisi kesehatan Ratna Sarumpaet saat ini baik-baik saja. Saat penyerahan kasus dari penyidik ke JPU pun sempat diperiksa dulu dan dinyatakan sehat. Ia juga mampu beradaptasi dan sudah bisa menerima kenyataan. Ratna juga tidak punya keluhan apapun, meski katanya sempat drop kondisinya di awal 2019.

"Iya jadi itu sebenarnya psikologis sih itu. Bagaimanapun beliau menyesuaikan di dalam. Memang satu bulan awal itu beliau sering diinfus tapi keadaan di november. Terutama beliau ini kan seorang penulis kan ya. Beliau sudah melakukan kegiatan menulis. Iya, beliau sudah menulis sekarang. Banyak hal yang dilakukan beliau. Ya mungkin tentang pribadi beliau. Banyak hal. Macem-macem lah," pungkas Desmihardi.


REKOMENDASI
TRENDING