SELEBRITI

Berkas Telah Dilimpahkan ke Kejaksaan, Ratna Sarumpaet Gagal Jadi Tahanan Kota?

Kamis, 08 November 2018 11:42 Penulis: Rezka Aulia

Berkas Ratna telah dilimpahkan ke Kejaksaan, (liputan6.com)

Kapanlagi.com - Pertanggung jawaban dan proses hukum hingga saat ini masih dijalani Ratna Sarumpaet. Kasus penyebaran hoax yang ia lakukan memang sempat meresahkan publik. Aktris sekaligus aktivis HAM ini harus ditangkap saat sedang hendak melakukan perjalanan luar negeri di Bandara Soekarno Hatta.

Mengingat usia Ratna yang cukup lanjut, pihak keluarga sempat mengupayakan pengajuan tahanan kota. Hal ini dikemukakan oleh Atiqah Hasiholan saat menjenguk sang ibu di Polda Metro Jaya. Bahkan Atiqah mengaku telah mengajukan permohonan tahanan kota dua kali dan ditolak.

1. Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan

Penolakan ini memiliki alasan mendasar dari pihak berwajib. Hal ini pun disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Argo Yuwono kepada awak media.

"Ingin menyampaiakn perkembanagan penyidikan daripada ibu ratna sarumpaet, perlu kita ketahui setelah penyidikan selama satu bulan lebih, penyidik sudah menyelesaikan pemberkasan. Hari ini akan diserahkan ke Kejaksaan tahap pertama, nanti Kejaksaan akan meneliti kasus ini apakah berkas ini dievaluasi apakah ada petunjuk maupun apakah ada kekurangan baik itu materil dan formil, seandainya itu ada petunjuk nanti akan segera kita penuhi," ujar Argo.

2. Gagal Jadi Tahanan Kota

Bila nanti dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum, penyidik akan menyerahkan Ratna dan barang bukti. Proses hukum pun akan terus berlanjut dan permohonan keluarga Ratna harus kembali gagal.

"Untuk Tahanan kota tidak dikabulkan. Alasannya jadi masih dilakukan penahanan adalah subjektivitas penyidik, artinya penyidik masih tetap melakukan penahanan," pungkas humas Polda Metro Jaya.

(kpl/pur/rna)

Reporter: Mathias Purwanto.


REKOMENDASI
TRENDING