SELEBRITI

Kondisi Ibu Makin Drop, Atiqah Hasiholan Upayakan Ratna Sarumpaet Jadi Tahanan Kota

Selasa, 06 November 2018 17:00 Penulis: Tyssa Madelina

Atiqah Hasiholan ungkap kondisi psikis Ratna Sarumpaet © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sebagai seorang anak, tentu saja Atiqah Hasiholan merasa tidak tega melihat kondisi ibunya, Ratna Sarumpaet, yang kini jadi tahanan Polda Metro Jaya. Terlebih menurut Atiqah, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, sang ibu tengah menjalani pengobatan psikis. Khawatir kondisinya makin memburuk jelang persidangan, Atiqah dan kuasa hukum Ratna pun mengupayakan agar tersangka kasus penyebaran hoax itu dapat dipindah dari rutan.

"Selama setahun ini ibu saya melakukan pengobatan psikiater ya, tekanannya mungkin jauh lebih berasa, lebih drop. Kita masih mengupayakan penahanan kota, tapi gimana pun juga berada di tahanan di luar itu pasti akan mudah recovery-nya, sehingga nanti di pengadilan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu lebih baik," ujar Atiqah Hasiholan, saat ditemui di polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, selasa (6/11).

Ibu satu anak itu mengaku sudah dua kali meminta pengalihan ke Polda Metro Jaya terkait status tahanan ibunya. Sempat ditolak karena masih menjalani pemeriksaan, Atiqah berharap kali ini permintaannya dikabulkan.

"Iya ini kita udah kedua kali minta pengalihan, pertama ditolak karena ada alasan masih ada pemeriksaan. Yang kedua ini kita minta tanggal 29 belum ada jawaban, ya saya berharap sekali dengan kondisi ibu saya seperti ini dan juga udah nggak ada pemeriksaan lagi, InsyaAllah bisa dikabulkan," harap istri Rio Dewanto itu.

1. Siap Wajib Lapor

Lebih lanjut, kuasa hukum Ratna Sarumpaet juga menegaskan bahwa kliennya tersebut siap menjalani wajib lapor apabila nantinya dijadikan tahanan rumah. Selain itu Ratna juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

"Karena kalau kita mau berpikiran bahwa beliau akan melarikan diri bagaimana mungkin? Semua identitas kan sudah disita, mau mempengaruhi saksi bagaimana? Saksi juga sudah diperiksa semua, gitu lho. Tapi kami lebih mengedepankan bahwa kondisi beliau sangat menurun," tandas Insang Nasrudin selaku kuasa hukum Ratna.

2. Aktif Konsumsi Obat Anti Depresi

Istri Rio Dewanto itu menuturkan bahwa selama setahun terakhir ini ibunya aktif mengonsumsi obat-obatan anti depressan dari psikiater. Melihat situasi dari balik jeruji besi yang kurang kondusif, Atiqah khawatir kondisi sang ibu akan semakin parah nantinya. Oleh karena itu, ia bersama kuasa hukum ibunya, Insang Nasrudin, akan mengupayakan cara agar status tahanan berubah menjadi tahanan kota atau rumah.

"Artinya gini karena beliau juga kan mengkonsumsi obat anti depressan, kira berbicara soal gejala depresi yang dialami beliau. Kalau dia (Ratna Sarumpaet) tetap di rutan kondisi dan suasananya tentunya akan memperburuk. Itu yang kami hindari," imbuh Insang.


REKOMENDASI
TRENDING