Bukan Karena Kecantikan, Pramoedya Ananta Toer Ingat Happy Salma Karena ...

Rabu, 18 April 2018 14:37 Penulis: Ellyana Mayasari
Bukan Karena Kecantikan, Pramoedya Ananta Toer Ingat Happy Salma Karena ... Happy Salma Foto: Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Happy Salma termasuk salah satu penggemar sejati (almarhum) Pramoedya Ananta Toer. Mungkin bahkan lebih banyak yang tidak tahu kalau dulunya Happy juga sempat gemetaran dan menangis ketika mendapat kesempatan bertemu untuk pertama kali dengan penulis kaliber berat tersebut.

Setidaknya, begitulah menurut pengakuan mantan model sekaligus artis merangkap penulis yang kini berdomisili di Bali ini. Ditemui di sela-sela acara Pameran "Namaku Pram: Catatan & Arsip" pada Selasa (17/4) di Grand Indonesia, Jakarta, berikut penuturan Happy Salma mengenang pertemuannya dengan Pram.

"Saya lahir di tahun 80," katanya membuka kenangan. "Ketika mulai kuliah dari situ saya mulai kenal karyanya Pram. Waktu itu saya membaca 'Gadis Pantai'," ujar istri dari pria Bali, Tjokorda Bagus D. S. Kertayasa, ini.

Happy Salma (Foto: Bayu Herdianto)Happy Salma (Foto: Bayu Herdianto)

Seperti diakui Happy sendiri, dirinya merasa sangat beruntung karena sempat bertemu langsung dengan penulis idolanya tersebut. "Tahun 2004 saya bisa bertemu untuk pertama kali denyan idola saya itu," lanjutnya lagi. "Saya gemetaran dan saya nangis," ungkapnya menggambarkan kebahagiaannya saat itu.

Bukan hanya itu, artis yang juga ikut berperan dalam film GIE bersama Nicholas Saputra itu juga mengaku punya pengalaman unik bertemu Pram. Ketika berkunjung dan bertemu Pram di rumahnya di wilayah Bojong Gede, Happy sempat bertanya, "Masih ingat saya? Dia (Pram) bilang, 'Iya ingat. Kamu tidak cantik, tapi mengesankan'," katanya menutup kenangan.

Sosok idola Happy, Pramoedya Ananta Toer, sendiri merupakan salah satu pengarang besar Indonesia yang pernah menerima penghargaan bergengsi di dunia kesusastraan, Ramon Magsaysay Award. Beliau lahir pada 1925 dan tutup usia pada 2006 silam.

(kpl/apt/mae)


REKOMENDASI
TRENDING