Cegah Kanker Serviks, Ade Fitrie Ajak Warga Tes Sejak Dini

Senin, 20 Februari 2017 19:00 Penulis: Ayu Srikhandi
Cegah Kanker Serviks, Ade Fitrie Ajak Warga Tes Sejak Dini Ade Fitrie ©KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah

Kapanlagi.com - Saat ini jumlah perempuan yang mengidap penyakit kanker serviks terus saja bertambah. Hal itu pun disadari pemain sinetron Ade Fitrie. Oleh karena itu, selaku ketua umum Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA), Ade Fitrie bekerjasama dengan Lingkar Law Office berusaha untuk melindungi kaum perempuan dengan mengajak pola hidup sehat.

Disela-sela kesibukannya, Ade Fitrie mensosialisasikan salah satu program unggulannya yakni, mengajak warga untuk menjalani tes Pap Smear atau IVA (Infeksi Visual dengan Asam Asetat) demi mencegah bahaya penyakit kanker serviks.

"Hari ini adalah program sosialisasi kita di bidang kesehatan. Menurut kita itu penting ya khususnya buat perempuan sebagai pilar bangsa yang melahirkan generasi-generasi bangsa diharapkan mereka aware namanya kesehatan reproduksi. IVA test atau pap smear salah satu program unggulan kita menggandeng dinas kesehatan," ujar Ade Fitrie saat ditemui di kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur, Sabtu (18/2).

Ade Fitri mensosialisasikan cara pencegahan kanker serviks. ©KapanLagi.com/Nuzulur RakhmahAde Fitri mensosialisasikan cara pencegahan kanker serviks. ©KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah

Alasan Ade Fitrie memberikan penyuluhan kepada warga sekitar Kampung Pulo lantaran daerah tersebut memang padat penduduk. "Kenapa kita pilih Kampung Pulo karena ini kan daerah padat, yang segmennya kena banget, kita mengharapkan (warga) mendeteksi sedini mungkin tentang serviks," kata pemain sinetron Raden Kian Santang itu.

Di kalangan selebriti sendiri, yang saat ini tengah berjuang melawan penyakit kanker serviks adalah Julia Perez. Ade Fitrie pun sangat prihatin dengan kondisi Jupe. Menurutnya, penyakit bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai sadar untuk memeriksakan kesehatan sejak dini.

"Aku sangat prihatin dan turut bersedih dengan keadaan mbak Jupe. Cuma kalau melihat sekeliling saya semakin banyak sekali orang-orang yang mengidap serviks dan bukan kelas bawah saja, ternyata kelas menengah atas pun juga jarang sekali yang sadar akan pap smear. Mungkin dia merasa tidak melakukan seks bebas tapi banyak lifestyle yang lain yang memang akhirnya bisa menjadi satu acuan kanker itu terjadi," tandasnya.

(kpl/rhm/jje)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING