SELEBRITI

Tanggapi Pergantian Gubernur DKI Jakarta, Ini Pesan Ade Fitrie Kirana untuk Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan

Senin, 17 Oktober 2022 16:06

Ade Fitrie Kirana / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta resmi berakhir pada 16 Oktober 2022. Selanjutnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Heru Budi Hartono sebagai penggantinya, di mana prosesi pelantikan digelar pada hari ini, Senin (17/10).

Heru Budi Hartono akan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sampai pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun 2024 mendatang. Sejumlah tokoh masyarakat Jakarta menanggapi pergantian Gubernur DKI Jakarta tersebut secara positif dan menyambut baik transisi kepemimpinan ini.

Artis yang juga Ketua Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA), Ade Fitrie Kirana mengungkapkan dirinya berharap masalah anak dan perempuan yang berada di kota megapolitan ini harus lebih mendapat perhatian.

"Secara pribadi dan sebagai warga Jakarta, saya mengucapkan terima kasih kepada Anies Baswedan yang bertugas dengan baik dan amanah selama lima tahun ini. Juga terima kasih kepada pak Riza Patria yang mendampingi sebagai Wakil Gubernur," kata Ade Fitrie Kirana saat ditemui di Jakarta, pada Senin (17/10/2022).

1. Jakarta Masih Punya Banyak PR

Sebagai pemerhati masalah sosial, pemeran Dewi Kembang di sinetron Raden Kian Santang ini melihat Jakarta masih memiliki sejumlah besar 'pekerjaan rumah' yang harus diselesaikan tentang anak dan perempuan.

"Bisa dilihat di jalan dan lampu merah, anak-anak mengamen. Ada yang menjadi badut, ada mengamen. Padahal, tempat tumbuh kembang anak bukan di jalanan yang berbahaya dan polusi," tutur Ade Fitrie Kirana.

Juga kasus-kasus eksploitasi seksual anak di bawah umur yang terjadi. "Merujuk data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, misalnya tahun 2021 lalu terjadi kasus eksploitasi seksual yang melibatkan 15 orang anak berumur 14 sampai 15 tahun sebagai korban yang ada di antaranya warga Jakarta, tentu ini jadi permasalahan serius menyangkut masa depan anak," ujarnya.

2. Bahas Hak Perlindungan Anak

Bintang sinetron Islam KTP di SCTV ini mengungkapkan, hak anak secara jelas telah dilindungi negara melalui Undang-Undang nomer 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang nomer 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Ade Fitrie Kirana menyebutkan, tiap anak berhak mendapat pengasuhan yang layak, dilindungi dari kekerasan, penganiayaan, dan pengabaian.

"Dan Indonesia juga mengadopsi Konvensi PBB untuk Hak-Hak Anak khususnya Pasal 19 yang jelas menyebut bahwa setiap anak berhak mendapat pengasuhan yang layak, dilindungi dari kekerasan, penganiayaan dan pengabaian," tutur Ade.

"Dan perlindungan terhadap hak anak bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun masyarakat sekelilingnya. Ingat bahwa semua negara sepakat bahwa semua anak berhak atas kehidupan yang baik untuk masa depanya. Paling penting, pemerintah pusat dan daerah perlu memastikan bahwa anak bisa bertahan hidup dan tumbuh dengan sehat," harap Ade Fitrie Kirana.

(kpl/gtr)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING