SELEBRITI

Derita Penyakit Serius, Dorce Gamalama Jaga Ketat Pola Makan

Rabu, 15 Mei 2019 19:53 Penulis: Dhimas Nugraha

Dorce Gamalama ©KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Lama tak muncul di layar kaca, Dorce Gamalama kabarnya tengah mengidap penyakit yang cukup serius. Penyanyi 56 tahun ini terkena penyakit batu ginjal dan diabetetes. Dorce juga mengaku jika ia terjangkit diabetes sudah sejak lama.

Namun, kini kondisinya membaik sejak ia mulai mengonsumsi obat-obatan tradisional China. Hanya saja meski kadar gula dalam darahnya turun, ia mengaku kalau makanan lah yang menjadi faktor utama penyebab naiknya gula dalam darah.

"Alhamdulillah agak turun. Cuma memang faktor makanan. Tadinya kan saya rakus tuh, apa saja dimakan. Nah, karena sekarang ada penyakit... sebenarnya itu sudah turunan ya, dari ibu saya, nenek saya juga dapat (gula)," tutur Dorce Gamalama saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (15/5).

1. Ibu Meninggal Karena Diabetes

Tak hanya itu, bunda Dorce juga mengaku bahwa sang bunda meninggal di usia 40 juga disebabkan karena gula darahnya yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, Dorce juga mengingatkan bahwa bukan hanya orang tua saja yang bisa terkena gula darah tinggi.

"Gula itu bukan hanya orang tua kok, anak muda, anak kecil saja ada kok (yang kena penyakit) gula, bayangin coba. Dari makanan juga. Itu gejalanya memang, ngantuk, cepat capek. Buang air kecil bolak-balik kamar mandi tuh," pungkas Dorce

2. Gejala Sudah Menurun

Seperti yang sudah diceritakan tadi bahwa gula dalam darahnya sudah menurun. Dan kondisinya sudah mulai kembali membaik, ia mengatakan kalau kini sudah tak lagi sering ke kamar kecil untuk buang air kecil.

Nah, sekarang tuh biasanya aku satu hari tuh biasanya 4-5 kali, sekarang paling sekali. Itupun kira-kira jam 1, jam 2 (siang), baru ke belakang. Kalau dulu (ke kamar kecil) sampai misalnya aku tidur jam 10 (malam)," tukasnya.

3. Pengobatan China

Meski sudah berobat dan menjalani perwatan sesuai yang dikatakan oleh dokter, Dorce juga memakain obat tradisional China. "Iya, itu ditumbuk kalau nggak direndem, airnya diminum. InsyaAllah," pungkas Dorce.

Selain itu, ia juga harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap normal dan stabil, jangan sampe nge-drop. "Sebenarnya sih, pokoknya saya nggak boleh drop. Artinya gini, saya nggak boleh depresi, saya nggak boleh memikirkan hal yang negatif. Nah itu cepat tuh. Memang (orang yang kena) gula itu kan dia nggak boleh drop," ujarnya.

4. Jaga Pola Makan

Selain itu, agar tidak drop bagi penderita penyakit gula memang dianjurkan untuk mengonsumsi gula. "kalau kurang gula dia turun, kalau naik gula dia naik. Makanya harus tetap pakai gula, cuma gulanya yang manisnya dari alami. Kalau ngga pakai gula jagung, kayak gitu," kata Dorce.

Tak hanya itu, untuk tetap menjaga kondisi gulanya tetap di batas aman, Dorce juga harus menjaga pola makannya. "Iya, kalau sekarang saya paling buka pertama air putih, terus kurma dua, kolak. Terus sudah, sholat Tarawih dulu, baru deh ntar makan sedikit sama apa gitu," ujar artis 56 tahun ini.

Selain itu, ia juga mengatakan harus menjaga pola istirahatnya. Apalagi pola tidurnya di malam hari. "Iya, kalau sekarang saya paling buka pertama air putih, terus kurma dua, kolak. Terus sudah, sholat Tarawih dulu, baru deh ntar makan sedikit sama apa gitu," jelasnya.


REKOMENDASI
TRENDING