Dihukum Kayak Koruptor, Saipul Jamil: Saya Tak Makan Uang Rakyat

Senin, 31 Juli 2017 23:15 Penulis: Rahmi Safitri
Dihukum Kayak Koruptor, Saipul Jamil: Saya Tak Makan Uang Rakyat Saipul Jamil © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Setelah berbulan-bulan menjalani proses persidangan, vonis untuk Saipul Jamil atas dugaan penyuapan akhirnya dibacakan pada hari Senin (31/7). Vonis yang diterima lelaki yang akrab disapa Bang Ipul berupa 3 tahun penjara dan denda Rp100 juta. Vonis ini diterimanya bertepatan denga ulang tahunnya yang ke-37.

Saat ditanya tentang putusan hakim, Ipul merasa ini yang terbaik karena dia dan timnya sudah berusaha memberikan fakta selama persidangan. Dia juga sadar kalau segala keputusan ada di tangan hakim. Ipul lalu membantah kalau dia pernah menyuap, tapi karena hasilnya begini dia menerima. Dia juga akan memanfaatkan waktu yang diberikan untuk banding atau tidak, karena merasa ada ketidakadilan dalam hukumannya.

"Yang jelas gini, saya dalam hal ini tidak makan uang rakyat. Saya tidak pernah merugikan negara ya. Jadi makanya jika hukuman saya diseimbangkan dengan mereka-mereka yang makan uang negara saya juga agak nggak terima, sepertinya tidak adil," kata Bang Ipul saat ditemui di di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin (31/7).

Saipul ingin keringanan © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoSaipul ingin keringanan © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

"Yang jelas Saipul Jamil tidak pernah makan uang rakyat, tidak pernah merugikan rakyat, tidak pernah korupsi, hanya dituduh menyuap tapi hukumannya setimpal seperti mereka-mereka yang dihukum merugikan dan makan uang rakyat. Jadi ya itulah letak ketidakadilan menurut saya pribadi. Makanya saya minta waktu berpikir pikir. Mudah mudahan jaksa KPK memberikan jc (justice collaborator) buat saya artinya kemudahan buat saya mendapatkan remisi," lanjut mantan suami Dewi Perssik ini.

Ipul berdoa semoga diberi kemudahan seperti keyakinannya, seperti keikhlasan jaksa. Karena sebagai pekerja seni, Ipul merasa dia perlu menafkahi orang-orang di sekitarnya. Dia juga kembali menegaskan kalau dirinya bukan koruptor.

"Saya mau dapat duit dari mana? Masa saya mau minta minta sama negara, kan nggak mungkin. Jadi saya bisa bayar pajak. Jadi sekali lagi Bang Ipul bukan koruptor. Bang Ipul bukan makan uang rakyat. Bang Ipul bukan merugikan negara. Tapi kenapa kok hukumannya mirip dengan seperti itu?Ya pokoknya intinya bahwa sebenarnya kami sudah mengajukan pleidoi bahwa kami tidak pernah yang namanya menyuruh saya pribadi tapi itu semua atas inisiatif abang saya. Tapi sekali lagi bahwa keputusan di hakim," pungkas Ipul yang sesudah vonis dapat kue ulang tahun itu.

(kpl/aal/pit)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING