Dirasa Kurang Baik, Sang Ibunda Rencana Pindahkan Makam Yana Zein

Sabtu, 03 Juni 2017 13:50 Penulis: Natanael Sepaya
Dirasa Kurang Baik, Sang Ibunda Rencana Pindahkan Makam Yana Zein Swetlana Zein © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Pemakaman Yana Zein sempat diwarnai konflik yang terjadi antara Ayahanda, Nurzaman Zein dengan pihak keluarga sang Ibunda, Swetlana Zein. Nurzaman Zein yang tiba-tiba secara mendadak datang ke rumah duka ingin anaknya itu dimakamkan secara Islami.

Setelah perdebatan yang cukup panjang, akhirnya jenazah Yana pun dimakamkan di TPM (Tempat Pemakaman Muslim) Bulak Lebar, Gandul Cinere, Depok, Jum'at (2/6). Saat proses pemakaman, Nurzaman dan kedua anak Yana, Aurelia Callista Carilla dan Alika Pandora Salvine turut menyaksikan. Sementara Swetlana Zein tidak menyaksikan proses pemakaman dengan dekat dan memilih untuk duduk tak jauh dari makam Yana.

Swetlana Zein, saat menghadiri pemakaman Yana Zein © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaSwetlana Zein, saat menghadiri pemakaman Yana Zein © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Rupanya masih ada kekecewaan yang dirasakan Swetlana Zein mengenai proses pemakaman Yana. Ia sedih melihat makam untuk anaknya yang menurutnya kurang begitu layak.

"Saya sedih kenapa dikuburkan di tempat yang nggak begitu jaga kebersihannya dan kelihatannya nggak keurus. Padahal kami sudah siapkan tempat yang layak dan baik (TPU Kampung Kandang). Saya (ingin) Yana ke (makam) tempat muslim tapi keadaan yang layak. Itu saja yang kami mau. Apa salah? Saya tanya kalian apa salah? Salah atau tidak?" ujar Swetlana Zein menunjukkan kekecewaannya usai pemakaman.

Sang Ibunda berniat untuk memindahkan makam Yana Zein ke tempat yang lebih baik © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaSang Ibunda berniat untuk memindahkan makam Yana Zein ke tempat yang lebih baik © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Oleh karena itu, Swetlana Zein pun berniat untuk memindahkan makam Yana Zein ke tempat yang lebih layak. Selama proses pemakaman berlangsung, memang banyak kendala yang terjadi. Makam Yana memang cukup jauh dari pintu masuk. Saat jenazah Yana dibawa menuju makam pun cukup kesulitan, karena jalan yang sempit dan menanjak, serta jarak makam antara makam yang terlalu dekat.

"Rencananya barangkali sewaktu-waktu bisa dipindah (makam) ke tempat Islam lagi. Tapi keadaannya baik. Ya semoga kita bisa urus dengan baik pindah ke tempat yang layak. Tempat muslim nggak apa-apa buat kita nggak ada persoalan. Asalkan yang layak. Setuju nggak? Siapa sih mau anaknya keadaan seperti itu," pungkasnya.

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING