Nisan Yana Zein Belum Ada, Ayu Azhari Tulis Pakai Spidol

Jum'at, 02 Juni 2017 21:45 Penulis: Guntur Merdekawan
Nisan Yana Zein Belum Ada, Ayu Azhari Tulis Pakai Spidol Ayu Azhari © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Pemakaman Yana Zein sempat diwarnai konflik yang terjadi antara kedua orangtua almarhum, yakni pihak ayah, Nurzaman Zein dengan pihak keluarga ibunda, Swetlana Zein. Nurzaman yang tiba-tiba secara mendadak datang ke rumah duka ingin anaknya itu dimakamkan secara islami.

Beberapa sahabat juga terlihat setia mendampingi proses pemakaman Yana Zein yang cukup panjang. Sempat ada perdebatan lokasi pemakaman, hingga kesalahan informasi masjid untuk jenazah disholatkan, akhirnya jenazah Yana Zein dimakamkan di TPM (Tempat Pemakaman Muslim) Bulak Lebar, Cinere, Depok, Jum'at (2/6).

Salah satu sahabat yang setia mendampingi jenazah Yana Zein adalah artis Ayu Azhari. Ia bahkan juga sempat memandikan jenazah di Rumah Duka RS Fatmawati. Ayu lalu bercerita bagaimana dirinya bisa ikut memandikan sang almarhum, meski bukan datang dari pihak keluarga.

Ayu setia hadir di rumah duka hingga proses pemakaman © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaAyu setia hadir di rumah duka hingga proses pemakaman © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

"Dari Yana remaja dan belum menikah banyak pengalaman yang dilewati bersama-sama. Dia orangnya sangat baik. Saya kebetulan ada di ruangan itu. Saya tanya bapaknya, 'Ini siapa yang mandiin?', dia bilang 'Saya'. Terus karena saya ada di situ otomatis membantu, karena harus membalik dan lain-lain," ujar Ayu.

"Waktu melihat Yana sih kondisinya cukup bersih, bagus, senyum, kelihatan segar, tidak kelihatan sakit. Apalagi pas dibasuh dengan air, itu bersih banget. Polos, seperti bayi baru lahir, senyum, bersih tenang. Tadinya kan ibunya sempet khawatir takutnya ada yang copot (karena pakai formalin). Tapi malah bersih sekali," lanjutnya.

Ayu tuliskan nama Yana di papan nisan © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaAyu tuliskan nama Yana di papan nisan © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya


Sesampainya di area pemakaman pun rupanya masih terjadi kendala. Mulai dari liang lahat yang dikira tidak pas hingga papan yang belum tersedia. Saat nisan ditancapkan pun belum terdapat nama almarhumah. Ayu akhirnya berinisiatif untuk menuliskan nama Yana Zein di papan nisan dengan meminjam spidol salah satu wartawan.

(kpl/rhm/gtr)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING