Gugat Cerai Gaston Castano di Pengadilan Negeri, Ini Alasan Jupe

Senin, 14 Maret 2016 13:44 Penulis: Wulan Noviarina
Gugat Cerai Gaston Castano di Pengadilan Negeri, Ini Alasan Jupe Julia Perez dan Gaston Castano ©KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Ada banyak tanda tanya soal gugatan cerai yang diajukan oleh Julia Perez kepada Gaston Castano. Salah satunya adalah pilihan Jupe untuk menggugat cerai pesepakbola itu di Pengadilan Negeri alih-alih Pengadilan Agama.

Menurut humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Made Sutrisna, Jupe memasukkan gugatan cerainya ke PN karena ia menikah dengan warga negara asing. Jadi bukan karena isu perbedaan agama antara Jupe yang memeluk Islam dengan Gaston yang merupakan seorang pemeluk Nasrani yang membuat mereka bercerai di PN.

"Dalam perkawinan Gaston dan Jupe bukan mengedepankan perkawinan beda agama. Tapi di sini perkawinan campuran yang diatur dalam UU Perkawinan, yang mana ada perkawinan antara WNI dan WNA. Jadi itulah produk yang dipermasalahkan adalah pencatatan perkawinan. Sehingga didaftarkan di PN Jaksel," ujar Made saat ditemui awak media, Senin (14/3).

Nikah beda negara jadi alasan Jupe gugat cerai Gaston di Pengadilan Negeri ©KapanLagi.com®Nikah beda negara jadi alasan Jupe gugat cerai Gaston di Pengadilan Negeri ©KapanLagi.com®


Meski Gaston Castano seorang warga negara Argentina, namun persidangan berlangsung di Jakarta Selatan. Karena saat ini mantan pemain Persiba Balikpapan itu tinggal di kawasan Jakarta Selatan.

"Kalau proses perceraian atau persidangan kan, apabila pihak penggugat atau tergugat tinggal di wilayah PN Jaksel, sebagaimana yang disebutkan dalam gugatannya. Walaupun ini warga negara Argentina, tapi di dalam gugatannya itu sendiri alamatnya tercantum di Jl. Mandala 2, Ragunan, Jaksel. Jadi dia di Indonesia kan? Nanti akan dipanggil menurut alamat terakhir itu," terangnya.

Made pun menjelaskan bahwa proses sidang cerai antara Jupe dengan Gaston nanti akan berlangsung seperti sidang pada umumnya. Tidak ada yang spesial meski ini adalah sidang cerai pasangan beda negara.

"Kalau proses persidangan jadinya sama kayak proses persidangan biasa. Jadi penggugat mendalilkan sesuatu, dia harus membuktikan. Dan juga ketika tergugat mendalilkan sesuatu, harus dibuktikan. Secara umum sama dan nanti hanya pemanggilan saja," pungkasnya.

Dari gugatan perceraian ini pula terungkap bahwa Jupe dan Gaston ternyata sudah menikah sejak 26 September 2013 silam. Mereka mencatatkan pernikahannya di Australia dan selalu menutupi status ini dari awak media.

(kpl/pur/phi)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING