Happy Salma: Wanita dengan Pemikiran Melesat Menembus Jaman adalah Kartini

Jum'at, 20 April 2018 16:12 Penulis: Ellyana Mayasari
Happy Salma: Wanita dengan Pemikiran Melesat Menembus Jaman adalah Kartini Happy Salma Foto: Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sosok Kartini memang menjadi pemberi inspirasi bagi banyak wanita Indonesia. Hal inipun juga dirasakan bagi sosok artis dan mantan model, Happy Salma.

Namun bagi Happy sendiri, sosok Kartini juga memiliki banyak arti lain yang sama pentingnya bagi para wanita. Berikut adalah pandangan dan pahaman tentang Kartini menurut alumnus Universitas Trisakti, Jakarta ini.

"Kartini kan simbol di zamannya," ujar Happy mulai menjelaskan pendapatnya. "Ketika seorang perempuan mampu mengutarakan pemikiran, keinginan dan mampu memperjuangkan apa pun keinginannya, artinya dia sudah berhasil mengambil sedikit energi dari Kartini," tutur penulis yang mengaku banyak dipengaruhi oleh sosok penulis besar, Pramoedya Ananta Toer, ini.

Happy Salma (Foto: Bayu Herdianto)Happy Salma (Foto: Bayu Herdianto)

Happy juga menjelaskan seperti apa kaitan antara pemikiran dan semangat Kartini bagi dirinya dan para wanita lainnya. "Kartini kan punya pemikiran yang melesat menembus zamannya. Kalau kita bisa seperti itu, artinya kita punya semangat kartini," jabarnya ketika ditemui di sela-sela acara jumpa pers pembukaan pameran Namaku Pram: Catatan & Arsip pada Selasa (17/4) di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia.

Itulah sebabnya artis kelahiran Sukabumi ini pertama sekali melihat wujud Kartini sejati dalam diri ibundanya sendiri. "Ibu saya itu Kartini banget," ungkapnya bangga. "Dia tahu apa yang dia mau, dia juga bekerja tapi berdikari dengan keteguhannya sendiri," Happy menambahkan.

Tentu saja Happy juga melihat wujud Kartini dalam banyak sosok wanita cerdas Indonesia masa kini. "Banyak lagi. Najwa Shihab, Ratna Riantiarno, Titi Toer (Astuti Ananta Toer)," sebutnya mencontohkan beberapa nama. "Semua yang terlibat di sini (Pameran Namaku Pram) adalah Kartini Indonesia masa kini," pujinya dengan tulus.

(kpl/apt/mae)


REKOMENDASI
TRENDING