Highlight Keseruan Final Kreatif Lokal Award 2020: Banjir Hadiah sampai Karaoke Bareng Tiara dan Maliq & d'Essentials

Sabtu, 31 Oktober 2020 00:01 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Highlight Keseruan Final Kreatif Lokal Award 2020: Banjir Hadiah sampai Karaoke Bareng Tiara dan Maliq & d'Essentials credit via vidio

Kapanlagi.com - Babak final Kreatif Lokal Award 2020 yang diselenggarakan selama dua hari berjalan seru banget KLovers. Rangkaian acaranya benar-benar inspiratif karena terjadi komunikasi dua arah antara para peserta dan deretan Dewan Juri serta Ikon Kreatif yang hadir sebagai panelis. Total ada 18 finalis yang menampilkan video profil dan memperoleh insight penting dari juri-juri berpengalaman saat sesi tanya-jawab.

18 Finalis Berbagi Inspirasi dengan Deretan Dewan Juri Berpengalaman

credit via vidiocredit via vidio

Di hari pertama pada 18 Oktober 2020, ada sembilan finalis dari tiga kategori yang ditampilkan. Dari kategori Fashion ada Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint; lalu finalis kategori Fotografi ada Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography; serta kategori Pertunjukan dengan Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio.

Kemudian final hari kedua yang diselenggarakan pada 25 Oktober 2020 juga menampilkan sembilan finalis dari tiga kategori. Mereka adalah Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry dari kategori Kuliner; Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio untuk kategori Video; serta Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, dan Tenuneboon dari kategori Kriya.

credit via vidiocredit via vidio


Delapan belas finalis berhasil menunjukkan presentasi terbaik dari inovasi yang telah mereka hadirkan di depan deretan dewan juri terkemuka. Dewan Juri terdiri dari Daniel Tumiwa (Ketua Dewan Juri Kreatif Lokal Award 2020), Hafid Hadeli (Direktur Utama Adira Finance) Yuana Rochma Astuti (Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI), Swandajani Gunadi (Direktur SDM dan Marketing Adira Finance), Rachmat Kaimuddin (Direktur Utama Bukalapak), Steve Christian (Direktur Utama Kapanlagi Youniverse).

Bukan hanya dewan juri terkemuka, Kreatif Lokal Award 2020 juga menghadirkan beberapa ikon kreatif dari bidang masing-masing. Seperti Sisca Soewitomo (Kuliner), Fajar Nugros (Video), Joko Avianto (Kriya), Nonita Respati (Fashion), Indra Yudhistira (Pertunjukan), dan Darwis Triadi (Fotografi).

Salah satu pertanyaan menarik dilontarkan salah satu dewan juri yakni Steve Christian kepada Arif Baskoro dari Baskoro Manjer Kawuryan Theater.

“Tadi disebutkan kalau penghasilannya bisa kira-kira Rp. 30 juta sebulan, itu pada masa pandemi itu impact-nya gimana?” Tanya Steve Christian.

credit via vidiocredit via vidio


Untuk menjawab pertanyaan ini, Arif membocorkan kiatnya, “Untuk survive, akhirnya kita memutar otak dengan membuat konten Instagram tiap malam Jumat. Di situ kita bikin tadarus puisi, teater, dan di situ kita buka donasi seikhlas-ikhlasnya,” jawab Arif.

Kemudian pertanyaan juga dilontarkan oleh Ketua Dewan Juri, Daniel Tumewa, mengenai cara baru di masa pandemi agar bisa menjangkau lebih banyak audiens.

“Apakah sudah nemu cara baru agar lebih banyak orang bisa menikmati?” Tanya Daniel.

Kemudian Arif memberikan jawaban tentang proyek kolaborasinya dengan Kampung Batara di Banyuwangi.

credit via vidiocredit via vidio

“Kemarin kita sempat kolaborasi via Live Instagram dengan Kampung Batara di Banyuwangi.”

Kemudian juri lain yaitu Rachmat Kaimuddin juga menanyakan tentang apa yang menjadi motivasi Arif dalam menjunjung konsistensi di bidang kesenian. Dengan semangat ia menceritakan tentang kecintaannya pada seni telah tumbuh sejak kecil.

“Alhamdulillah di lingkungan kami kita sejak lahir sudah hidup di lingkungan seni. Dan desa kami juga sangat bersejarah bagi berdirinya keraton. Jadi sejak kecil sudah ditempa berbagai kesenian. Dari situ saya sendiri jadi suka dengan kesenian,” jawab Arif.

Inspiratif sekali, ya? Nah, untuk mengetahui siapa pemenang dalam tiap kategori, jangan lewatkan pengumumannya saat Malam Anugerah Festival Kreatif Lokal Award pada 13 November 2020 nanti, bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance yang akan disiarkan secara live streaming di Vidio.com.

Para pemenang dari setiap kategori berhak membawa pulang tambahan modal usaha senilai puluhan juta rupiah, business coaching dan pendampingan dari Kemenparekraf RI, serta beragam benefit seru seperti exposure di media dan juga lapak eksklusif di Bukalapak.

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 yang menjadi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat. Festival ini diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Banjir Hadiah di Sesi Live Quiz dan Live Vote

credit via vidiocredit via vidio


Enggak cuma penjurian, final Kreatif Lokal Award 2020 juga diisi dengan sesi bagi-bagi hadiah bagi para penonton yang menyaksikan di Vidio.com. Untuk sesi Live Quiz, terpilih total 50 pemenang yang berhasil mendapatkan hadiah spesial dalam acara inisiasi Adira Finance ini. Sedangkan untuk sesi Live Vote, ada 50 pemenang juga yang beruntung dan berhak memperoleh hadiah spesial. Jadi, total ada 100 pemenang di sesi Live Quiz dan Live Vote. Apakah kamu salah satunya, KLovers?

Penampilan Super Spesial dari Tiara Andini dan Maliq & d’Essentials

credit via vidiocredit via vidio


Di penghujung acara, setelah semua finalis menyelesaikan sesi tanya jawab dengan para juri dan ikon kreatif, final Kreatif Lokal Award 2020 ditutup dengan penampilan spesial dari dua musisi kenamaan tanah air.

Pada babak final hari pertama di 18 Oktober 2020, Tiara Andini ngajakin kamu karaoke bareng sama deretan lagu hits dan super galaunya. Di antaranya 365, Gemintang Hatiku, dan juga Maafkan Aku #TerlanjurMencinta.

Sedangkan di babak final hari kedua pada 25 Oktober 2020, Maliq & d’Essentials ngajakin para penonton di rumah untuk menari saat menyanyikan lagu-lagu seperti Senja Teduh Pelita, Memori, dan lain sebagainya. 

credit via vidiocredit via vidio

Keren banget kan, highlight keseruan final Kreatif Lokal Award 2020 di atas. Jadi, jangan sampai ketinggalan pengumuman pemenangnya pada 13 November 2020 nanti, yang bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance.

KLovers! Jangan sampai kelupaan juga karena kamu masih bisa berkunjung dan berbelanja produk dari peserta Festival Kreatif Lokal 2020 di Bukalapak. Ada beragam item menarik yang bisa kamu dapetin, lho. Buktikan sendiri yuk, KLovers!

(kpl/zki)


REKOMENDASI
TRENDING