SELEBRITI

Ini 8 Public Figure Yang Bakal Diperiksa Polisi Terkait Kasus Doni Salmanan

Selasa, 15 Maret 2022 23:30

Selain Doni Salmanan, 8 public figure yang diperiksa polisi © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri saat ini tengah mendalami keterlibatan public figure dalam perkara dugaan penipuan dan pencucian uang yang menyeret Doni Salmanan.

"Nanti akan dilakukan pendalaman dan pemeriksaan," ucap Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri, saat jumpa pers, Selasa (15/3).

1. Delapan Inisial

Ada delapan inisial yang disebutkan Asep Edi Suheri yang berprofesi sebagai public figure yang nantinya akan diperiksa. Sayang, dia masih belum mau mengungkap nama kedelapan orang tersebut.

"Saudara MH, DM, MR, FR, DS, DS, DS dan DS. Ada empat ya DS-nya," kata Asep Edi Suheri.

2. Terima Aliran Dana Binary Option

Sebelumnya, beberapa public figure diduga menerima aliran dana hasil kegiatan binary option yang dilakukan Doni Salmanan. Mereka adalah Rizky Febian, Alffy Rev, Rizky Billar dan Lesti Kejora hingga Reza Arap.

Seperti diberitakan, Doni Salmanan tersandung masalah hukum usai dilaporkan sosok berinisial RA atas dugaan penipuan berkedok binary option lewat platform Quotex.

3. Doni Salmanan Sebagai Tersangka

Doni Salmanan sendiri ditetapkan sebagai tersangka dugaan penipuan berkedok binary option pada 8 Maret 2022 usai menjalani pemeriksaan lebih dari 13 jam.

Atas perbuatannya itu, Doni Salmanan dijerat Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1) UU ITE, Pasal 378 KUHP dan Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan hukuman penjara paling lama 20 tahun penjara.

4. Diperiksa Secara Intensif

Ahmad Ramadhan mengatakan, saat ini Doni Salmanan masih diperiksa sebagai tersangka secara intensif oleh penyidik kepolisian.

"Kemudian setelah ditetapkan sebagai tersangka, saudara DS langsung dilakukan penangkapan dan saat ini masih dilakukan atau masih dalam proses pemeriksaan sebagai tersangka," katanya.

5. Dijerat Pasal Berlapis

Dalam hal ini, Doni Salmanan dijerat pasal berlapis. Mulai dari pasal pencucian uang hingga Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang. Tak cuma itu, Doni Salmanan juga dijerat Pasal 45 ayat 1 jo 28 ayat 1 Undang-undang ITE dan/atau 378 KUHP dan Pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Tentu ini melihat yang bersangkutan dijerat beberapa pasal secara berlapis, ada UU ITE, ada KUHP, dan ada undang-undang tindak pidana pencucian uang dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara," kata Ahmad Ramadhan.


REKOMENDASI
TRENDING