Jalani Prosesi Siraman Jelang Pernikahan, Kahiyang Menangis

Selasa, 07 November 2017 11:41 Penulis: Mahardi Eka
Jalani Prosesi Siraman Jelang Pernikahan, Kahiyang Menangis Prewedding Kahiyang Bobby/All Season

Kapanlagi.com - Rangkaian prosesi siraman pernikahan anak kedua Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution berjalan lancar. Prosesi yang memberi kesempatan kepada orangtua dan keluarga untuk memandikan calon pengantin ini dilangsungkan di kediaman Jokowi, Jalan Kutai Utara, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11). 

Para tamu undangan yang hadir terlihat bahagia, keluar dari kediaman Jokowi dengan menenteng souvenir dan senyum merekah. KapanLagi.com berkesempatan berbincang dengan salah satu kerabat ibu Iriana, yakni Ibu Diah Maharsi terkait dengan detail prosesi siraman yang tertutup dari awak media ini.

Diah mengungkap bahwa acara siraman Kahiyang berlangsung khidmat dan penuh haru. Diah menceritakan bahwa Jokowi terlihat sedih saat proses siraman berlangsung. 

"Suasana khidmat dan sakral ya di dalam. Pasti sedih ya, karna mau melepas anak. Tadi ketemu sama eyangnya. Alhamdulillah lancar. Kahiyang yang nangis. Karna mau lepas dari orangtua ya," ucap Diah. Prosesi siraman Kahiyang diakhiri dengan sungkeman Kahiyang kepada kedua orangtuanya.

Nantinya, setelah selesai ritual siraman di rumah Jokowi, akan dilanjutkan dengan siraman dari pihak putra, Bobby Nasution di Hotel Alila, Jalan Adi Sucipto, Solo, dengan menggunakan air yang sama. Dalam prosesi siramannya Jokowi dan keluarga mengambil air dari tujuh sumber mata air yang berbeda lokasi. Tujuh sumber air itu berasal dari Keraton Surakarta, Masjid Agung Solo, Masjid Mangkunegaran, Masjid Laweyan, Rumah Pribadi di Sumber-Solo, Istana Negara dan Istana Bogor.

Rangkaian prosesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution rencananya akan dilanjutkan nanti malam ke acara midodareni. Acara tersebut nantinya juga akan digelar di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara.

Sebelumnya, Jokowi memasang langsung bleketepe. Mengenakan beskap berwarna merah dan kain coklat lengkap dengan blankon, Jokowi tak ragu naik tangga besi dan memasang padi, pisang, kelapa cengkir hingga berbagai daun di atas janur dan tuwuhan.



(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING