SELEBRITI

Jang Hansol Ungkap Perbedaan Kebiasaan Baik Orang Indonesia yang Tak Bisa Diterapkan di Korea

Sabtu, 25 Juli 2020 18:15

Jang Hansol (credit: instagram.com/hansoljang110)

Kapanlagi.com - Buat pecinta K-Pop atau K-Drama yang suka nonton Youtube pastinya sudah tak asing lagi dengan orang Korea yang medhok, Jang Hansol, atau dikenal juga dengan Korea Reomit. Kebetulan Hansol menjadi salah satu bintang tamu spesial di Kapanlagi Korean Festival Day 1, Sabtu (25/7/2020).

Di acara ini, Hansol pun membicarakan segala hal tentang kehidupan di Korea Selatan terutama perbedaannya dengan di Indonesia. FYI saja buat yang belum tahu, Hansol sempat belasan tahun tinggal di Indonesia. Lama tinggal di Indonesia, Hansol ternyata sempat syok waktu balik tinggal di Seoul.

"Aku pernah agak sedkit culture shock. Kalau di Indonesia tatapan mata biasa, paling nggak nunduk (ngajak salaman). Tapi di korea tidak boleh melakukan itu. Jadi kalo nggak kenal nggak boleh salaman. Makan pakai tangan iya, tapi pakai sarung tangan. Jarang banget tangan telanjang langsung. Di Korea kita nggak bisa makan sambil manis-manis, kalau di Indonesia kan biasanya pesan nasi sama es campur, kalau di sini pasti 'Kamu makan gini'. Di sini nggak bisa pesan main course sama dessert di satu tempat. Kalau mau dessert ya pindah restoran," kata Hansol.

1. Hal yang Bisa Ditiru di Korea

Setiap negara itu pasti punya kebiasaan yang berbeda, begitu juga dengan Korea Selatan. Pastinya di Kore banyak kebiasaan keren yang bisa ditiru. Lalu apa sih yang bisa dipelajari oleh orang di luar Korea?

"Ini bukan berarti orang Korea lebih baik lho ya. Cuma perbedaanya, di Korea kita lebih diajarkan untuk tidak bilang 'tidak'. Kalau di Indonesia kan dijawab 'Saya usahakan, semoga'. Tapi di korea harus 'iya'. Itu pengaruh ke perekonomian Korea beberapa waktu terakhir maju tapi negatifnya jadi overwork," kata Hansol.

2. Persiapan Buat Tinggal di Korea

Sebagai pecinta drama Korea atau K-Pop, mungkin banyak yang bermimpi nih bisa tinggal di Seoul, Korea Selatan. Hansol pun memberikan tips buat yang pengen tinggal di sana.

"Duit pastinya, sama perlu belajar bahasa ya. Tulisan juga. Kalau China, Jepang, Korea kan hurufnya beda. Sama beli kartu transportasi sama simcard," jelasnya.

So, siap tinggal di Korea nggak nih KLovers biar bisa dekat dengan Jang Hansol?

(kpl/tdr/pit)


REKOMENDASI
TRENDING