Kabar Duka, Aktor Senior Sekaligus Politisi Sys NS Meninggal Dunia

Selasa, 23 Januari 2018 13:58 Penulis: Ahmat Effendi
Kabar Duka, Aktor Senior Sekaligus Politisi Sys NS Meninggal Dunia Sys NS cr: KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Satu lagi salah satu bintang senior di Indonesia meninggal dunia, kali ini ada sosok Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns atau akrab disapa Sys NS. Kabar kematian aktor kelahiran Semarang, 18 Juli 1956 tersebut tersebar luas di kalangan awak media.

"Telah berpulang ke Rahmatullah Suami kami tercinta RMH Heroe Syswanto Ns( sys ns), pada hari Selasa, 23 Januari 2018. Rumah duka: Jl. Kemang Timur Raya, kompleks IIAPCO No. 16, Jakarta Selatan - 12730. Mohon doanya agar Almarhum husnul khotimah.. Dari ; Istri.. Shanty Sys," tulis istri almarhum. 

Bukan hanya Shanty, putri Sys juga mengungkapkan rasa duka citanya. Hal itu terlihat dari instagram stories Syanindita Trasysty Syswanto. Selama hidupnya Sys dikaruniai tiga buah hati yaitu Syanindita, Sabdayagra Ahessa, dan Sadhenna Sayanda.

Putri Sys NS yaitu Syandita mengungkap rasa dukanya melalui ig stories. cr: instagram.com/strasystyPutri Sys NS yaitu Syandita mengungkap rasa dukanya melalui ig stories. cr: instagram.com/strasysty

Ucapan duka cita juga diungkapkan oleh selebriti di tanah air. Salah satunya vokalis band Naif yaitu David Bayu Danangjaya. Kepergian Sys memang meninggalkan duka bagi banyak pihak.

"Selamat jalan om Sys NS semoga damai disisi Allah," tulisnya melalui twitter.

Selama hidupnya banyak prestasi yang ditorehkan oleh Sys NS. Ia memulai karir dari bawah, dan semasa masih kuliah di IKJ pria tersebut pernah bekerja sampingan menjadi disc jockey. Sys bahkan dinobatkan sebagai The Best of Disc Jockey of Indonesia pada tahun 1975.

Sys NS pernah menjalani banyak profesi mulai dari DJ, aktor, penyiar radio, penulis skenario, sutradara hingga politisi. cr: KapanLagi.comSys NS pernah menjalani banyak profesi mulai dari DJ, aktor, penyiar radio, penulis skenario, sutradara hingga politisi. cr: KapanLagi.com

Selain dunia DJ, nama Sys juga melejit bersama Radio Prambors. Ia pernah mengomandani program Sersan (Serius Santai) Prambors bersama Muklis Gumilang dan sejumlah anggotanya ada Pepeng, Krisna Purwana, dan Nana Krip. Kala itu program yang dibawakan oleh Sys dibuat untuk menggantikan Warkop Prambors yang akhirnya bertransformasi menjadi Warkop DKI.

Bukan hanya itu, Sys NS memang dikenal sebagai sosok serbabisa. Ia pernah juga bekerja sebagai penulis skenario, sutradara, sekaligus pemain film. Sys juga aktif di dunia politik. Ia pernah menjadi bagian dari Badan Pekerja (PAH II) MPR-RI, periode 1999-2000 dan Anggota MPR-RI. Salah satu pencapaian Sys adalah ia turut serta dalam pembentukan Partai Demokrat pada tahun 2001 dan pada 2005 ia sempat mendeklarasikan diri sebagai salah satu kandidat Ketua Umum.

Well, segala karya dan prestasi Sys memang cukup panjang dan layak untuk dikenang. Semoga almarhum tenang dan mendapatkan tempat terbaik di alam sana, selamat jalan Sys NS.

(kpl/rhm/ded/sjw)

Reporter:

Dedi Rahmadi


REKOMENDASI
TRENDING