KCI Kirim Perwakilan ke Sidang CISAC di Irlandia

Kamis, 24 Mei 2012 23:11 Penulis: Dewi Ratna
KCI Kirim Perwakilan ke Sidang CISAC di Irlandia Dharma Oratmangun @ Foto: KapanLagi.com®/Aditia Saputra
Kapanlagi.com - Sidang umum tahunan International Confederation of Societies of Author and Composers (CISAC) atau Konfederasi Pencipta Lagu dan Komposer Internasional bakal berlangsung di Irlandia, 7 Juni mendatang. Indonesia yang diwakili oleh Yayasan Karya Cipta Indonesia pun akan mengirimkan perwakilannya.

KCI sendiri merupakan anggota dari CISAC ke-109 dari 136 negara. Perwakilan dari KCI adalah Dharma Oratmangun sebagai Ketua Umum, Tedjo Baskoro (sekjen), dan Bens Leo (anggota Dewan Pengawas).

Dalam persidangannya nanti, bakal dibahas mengenai isu-isu internasional di bidang musik, dan juga hak cipta musik di era teknologi digital. "KCI diberi hak untuk mengelola seluruh lagu asing yang beredar di Indonesia, dari sekitar 2 juta pencipta lagu asing, dan 10 juta lagu asing," ujar Dharma saat jumpa pers di Tee Box Café, Jakarta, Selasa (22/5).

Oleh sebab itulah KCI dalam melakukan kegiatannya selalu berpedoman pada aturan internasional, dalam perizinan dan mekanisme pendistribusian. Selain membahas isu-isu internasional juga akan dibahas mengenai pemilihan Presiden CISAC.

Pasalnya, Presiden CISAC sebelumnya, Robin Gibb yang juga personil Bee Gees baru saja meninggal Senin (21/5), kemarin. Oleh karena itu, pada saat sidang nanti, akan diadakan pemilihan presiden CISAC baru.

Inti sidang CISAC di Irlandia, imbuh Bens Leo sebagai Dewan Pengawas KCI juga akan membahas ihwal hak cipta dan penggunaannya, "Yang sampai saat ini sangat tumpang tindih di Indonesia," katanya.

Dia menambahkan, untuk memberi apresiasi kepada pencipta lagu dan users (pengguna lagu ciptaan seperti rumah karaoke, rumah makan, bandara dan lain lain) KCI akan menggelar KCI Award. Dengan award itu, Bens berharap ada hubungan timbal balik antara KCI, pencipta lagu dan users yang telah menuntaskan kewajibannya masing-masing.

(kpl/adt/dew)

Editor:

Dewi Ratna


REKOMENDASI
TRENDING