SELEBRITI

Terpapar Covid-19 dan Kena Badai Sitokin, Chandra Liow Cerita Sambil Nangis Sempat Pesimis Bisa Selamat

Kamis, 16 September 2021 08:58 Penulis: Editor KapanLagi.com

Chandra Liaow (cr: © KapanLagi.com/budysantoso, © instagram.com/chandraliow)

Kapanlagi.com - Chandra Timothy Liow atau yang dikenal dengan Chandra Liow baru-baru ini membagikan kisahnya saat dirinya terinfeksi Covid-19 melalui Youtube pribadinya dan juga melalui podcast Deddy Corbuzier.

Aktor yang sudah aktif sejak tahun 2008 ini bercerita panjang lebar mengenai pengalamannya harus berjuang untuk hidup dari virus korona yang menyerang tubuhnya. Chandra mengaku bahwa ia tidak pernah terpikirkan akan selamat dari sakitnya setelah kesehatannya terus menurun.

Pada Podcast Deddy Corbuzier yang ditayangkan pada hari ini, tanggal 15 September, aktor yang sekaligus content creator tersebut bercerita hingga berlinang air mata mengingat apa yang telah ia alami saat di IGD. Ia juga mengatakan bahwa setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, ia masih dalam tahap pemulihan psikologi yang terguncang setelah berbaring berhari-berhari di ranjang rumah sakit.

Chandra bercerita bagaimana putus asanya dirinya saat melihat banyak pasien yang meninggal di depan matanya. Pria yang berusia 28 tahun ini terus berpikir bahwa ia berbaring di ranjang rumah sakit hanya untuk menunggu gilirannya dipanggil oleh yang Maha Kuasa.

Dengan ditemani sang ayah, Chandra menangis sejadi-jadinya serta berterima kasih kepada sang ayah dan juga mengatakan maaf yang tidak pernah ia katakan sebelumnya. Karena menurutnya jika bukan karena ayahnya yang terus mendampingi dirinya, maka ia tidak akan hidup sampai saat ini. Berikut 5 hal di balik kisah pilu Chandra Liow saat dinyatakan Covid-19.

1. Menyembunyikan Penyakitnya

Pada awal Chandra dinyatakan positif Covid-19, ia hanya mengabari keluarganya dengan alasan sakit. Karena kepribadiannya yang tertutup dengan keluarga ia berpikir bahwa ia dapat menyelesaikan masalahnya sendiri termasuk saat aktor sekaligus youtuber ini terkena Covid-19. Dalam podcast Deddy Corbuzier itu juga, Chandra mengakui bahwa memang dirinya dan keluarga tidak berada dalam satu rumah yang sama.

Sang ayah pun mengakui bahwa sosok Chandra memanglah sosok yang mandiri dan independen. Bahkan saat awal ia dinyatakan positif aktor tersebut hanya berniat untuk mengabari saja dan tidak meminta untuk kedua orangtuanya berkunjung.

Tinggal terpisah dengan sang anak, sehingga ayah Chandra berinisiatif untuk datang dan memeriksa kondisinya. Namun, firasat orangtua tidak pernah salah. Saat itu ayahnya mulai curiga karena batuk yang diderita anaknya sangat aneh. Lewat podcast Deddy itu ia menyatakan bahwa saat Chandra terbatuk kering ia menyadari bahwa anak laki-lakinya tersebut pasti terinfeksi Covid.

 

2. Menolak Ke Rumah Sakit

Tidak hanya menyembunyikan keadaannya yang positif Covid, tapi Chandra juga bersikeras agar tidak dirujuk ke rumah sakit saat kondisinya mulai melemah. Dengan suara yang sendu dan menahan tangis ayah aktor kelahiran Jakarta itu menyebutkan bahwa sang anak menolak untuk ke rumah sakit walau saturasinya semakin menurun.

Chandra juga membenarkan bahwa ia menolak untuk dilarikan ke rumah sakit karena dirinya merasa bahwa ia masih bisa melewati dan waktu itu belum terlalu sesak. Kondisinya yang terus menurun dari hari pertama hingga hari ketiga, membuat ayahnya semakin khawatir namun Youtuber creative ini tetap tidak ingin ke rumah sakit.

Deddy Corbuzier pun ikut bertanya alasan apa yang sebenarnya membuat Chandra menolak untuk ke rumah sakit. “Chand, gue gak ngerti, gini, lu tau dong, lu kan orang bodoh yah, maksudnya you’re smart yah, I admire you karena you smart gitu. Lu tahu ketika saturasi sudah 70 it’s fucking dangerous dude?” Tanya Deddy dalam podcastnya bersama Chandra.

Chandra pun beralasan bahwa saat saturasinya mencapai 70, alat atau mesin saturasinya tiba-tiba rusak dan eror. Sehingga dirinya mengakui bahwa saat itu ia masih berpositif thinking bahwa saturasi 70 itu karena alat yang error.

Meski awalnya tidak ingin dilarikan ke rumah sakit, saat hari ke 8-9, sang ayah memaksanya untuk ke rumah sakit karena keadaannya yang terus menurun. Tidak hanya keadaan tetapi kondisi napas dan saturasinya pun terus menunjukkan angka 70.

 

3. Sang Ibu Juga Terkena Covid

Keadaan Chandra yang cukup parah dan terus menurun itu sudah dibuat semakin sedih karena sang ibu yang juga ikut terkena Covid. Melalui podcast Deddy Corbuzier ia mengatakan bahwa ibunya terjangkit Covid karena dirinya.

Saat keadaannya terus menurun ia hanya berdoa sang ibu diselamatkan oleh yang maha Kuasa jika salah satunya harus meninggal karena Covid. Salah satu alasannya tidak ingin ke rumah sakit dan menunjukkan dirinya bahwa ia masih bisa fight adalah karena di waktu yang bersamaan sang ibu juga terinfeksi corona.

 

4. Terkena Badai Sitokin

Kondisinya yang semakin menurun dan harus mengonsumsi obat-obatan berlogo merah seperti Avigan ternyata tubuhnya mengalami badai sitokin yang membuat keadaannya waktu itu terus menurun.

Badai sitokin sendiri merupakan kondisi tubuh melepaskan zat-zat tertentu yang wajib diwaspadai saat terinfeksi covid atau virus semacamnya. Chandra pun mengakui badai sitokin membuat dirinya semakin hari semakin drop dan mau tidak mau harus dirujuk ke rumah sakit.

Ia pun mengakui bahwa dirinya di rumah sakit seperti hanya menunggu kematian, menunggu gilirannya untuk mati. Deddy yang saat itu menjadi tuan rumah dari podcastnya tersebut juga bertanya, “Bro, lu berpikir bakal lewat gak, bro?”

Mendengar itu Chandra pun menjawab bahwa dengan keadaannya tersebut ia sebenarnya sudah putus asa akan hidupnya. Ia siap jika memang harus dipanggil waktu itu. Aktor tersebut pun juga mengaku sudah sangat frustasi dengan kondisinya yang tak kunjung membaik.

Sang ayah juga membenarkan bahwa Chandra banyak menghayal saat ia berbaring di IGD. Dan Chandra menambahkan bahwa ia hanya berharap sang ibu sembuh walaupun ia harus dipanggil Tuhan.

 

5. Sang Ayah Menamani di IGD

Dengan wajah yang sudah memerah dan mata yang berkaca-kaca, Chandra bercerita bagaimana sang ayah menemaninya dari awal hingga ia sembuh. Aktor sekaligus sutradara film BUCIN tersebut juga sempat meminta maaf pada sang ayah.

Ia bercerita bagaimana ayahnya mengambil risiko untuk menetap dengannya selama 5 hari ia berada di IGD rumah sakit tanpa baju pelindung dan hanya menggunakan double masker dan facial sheet untuk covid.

Ayah Chandra pun membenarkan bahwa dirinya rela mengambil risiko demi menemani sang anak. Walaupun sudah mendapat teguran dari dokter dan perawat, ayah Chandra tetap setia menemaninya bahkan hampir tidak pernah tertidur selama 4 hari demi menjaga anak laki-lakinya tersebut.

Namun perjuangan ayahnya terbayar saat per tanggal 2 september Chandra memberikan hasil rontgen parunya menujukkan paru-parunya yang bersih dari bercak lendir karena virus Covid-19.

Ayahnya mengatakan bahwa hasil tersebut adalah kado ulang tahun yang paling berharga karena sang anak berhasil melewati masa kritis dan kembali sehat seperti saat ini.

Ditulis Oleh: Siti Radibah Imatufariq

 

 


REKOMENDASI
TRENDING