SELEBRITI

Kisah Hidup Robby Sugara yang Tak Banyak Diketahui, Pernah Jatuh & Jadi Penginjil

Kamis, 13 Juni 2019 14:20 Penulis: Ayu Srikhandi

Robby Sugara © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Kabar duka menyelimuti dunia perfilman Indonesia yang harus kehilangan aktor kawakan berbakat, Robby Sugara yang meninggal dini hari ini, Kamis (13/06/2019). Sepanjang karirnya, aktor yang menutup usia di 68 tahun tersebut telah membintangi lebih dari 40 film.

Seperti karirnya yang tak selalu mulus, Robby Sugara juga punya cerita hidup berliku-liku. Mendiang Robby pernah mengungkapkan kalau ia berselingkuh selama 14 tahun sebelum akhirnya betobat dan berakhir menjadi seorang Penginjil.

 

 

1. Tinggalkan Keluarga

Dalam sebuah wawancara Robby Sugara menceritakan kisah hidupnya yang ternyata pernah berselingkuh dan sampai menelantarkan keluarganya sampai 14 tahun.

Ia meninggalkan istri dan ketujuh anaknya saat karirnya terpuruk dan pergi bersama wanita lain. Selama 10 tahun, ia hidup berkecukupan dan cukup mewah karena bisa jalan-jalan ke luar negeri setiap tahunnya. Ia tak mau tahu pada keluarga yang ditinggalkan, padahal saat itu anak sulungnya baru berusia 11 tahun dan si bungsu baru sembilan bulan.

"Waktu itu saya tinggalkan istri dan juga anak-anak saya dalam keadaan hancur-hancuran. Saat itu anak yang paling tua umurnya 11 tahun, yang paling kecil 9 bulan," papar Robby Sugara dalam wawancara dengan Detik.com di tahun 2014.

2. Bertemu Anak-Anaknya

Berbeda dengan Robby yang memilih untuk tidak peduli dengan anak dan istri yang ditinggalkannya, keluarga justru terus mendoakan dan mencari sosok suami dan ayahnya tersebut. Sampai 10 tahun kemudian anak sulung Robby berhasil menemukannya di tahun 1994.

Anak sulungnya kemudian membawa enam adiknya menemui sang ayah. Robby yang sempat khawatir bakal dibenci berakhir terharu saat anak-anaknya memeluknya dengan penuh rindu dan cinta. Di situ lah ia merasa begitu terharu.

"Itu momen yang luar biasa. Begitu mengharukan buat saya. Anak-anak meminta saya kembali," tutur Robby yang kemudian berdiam beberapa saat dengan mata yang berkaca-kaca.

3. Kembali ke Keluarga

Butuh waktu 14 tahun untuk Robby Sugara bisa kembali ke keluarganya. Empat tahun setelah bertemu anak-anaknya yang memintanya kembali, Robby memang tidak bisa langsung lepas dari perselingkuhannya. Setiap berniat kembali ke keluarga, ada saja perasaan yang membuatnya urung.

Robby pun semakin mendekatkan diri pada Tuhan dan terus berdoa. Akhirnya di tahun 1998 Robby meninggalkan wanita selingkuhan dan kehidupan mewahnya. Ia kembali keluarga dengan hanya membawa uang Rp 60 ribu dan beberapa potong pakaian.

Bintang dengan nama asli Robert Isaac Kaihena ini mengaku terharu sekali pada istrinya yang tidak pernah benci meski sudah ditelantarkan. Bertha Iriani Mariana justru terus membawa anak-anaknya aktif ke gereja untuk mendoakan Robby.

"Dia malah membawa anak-anak saya aktif dan bertumbuh di gereja. Saat itu juga saya tersadar, istri saya memang benar-benar orang yang sudah Tuhan pilih buat saya. Saya tidak bisa bayangkan bagaimana dulu dia berjuang membesarkan tujuh anak. Mereka semua saya telantarkan tanpa ada apa-apa," ujarnya.

4. Jadi Penginjil

Setelah kembali pada keluarga, Robby Sugara semakin aktif dalam pelayanan gereja sebagai bentuk rasa syukur mereka karena Tuhan memberkati keluarga mereka agar bisa terus utuh. Bahkan setelah kembali ke istri dan ketujuh anaknya, karir Robby juga kembali lancar dan membuat mereka hidup berkecukupan.

Di tahun 200, ia bertemu dengan seorang pendeta yang mendengar soal kisah pertobatan dan perselingkuhannya. Ia pun diminta untuk memberikan kesaksian soal cerita yang dialaminya ini di gereja. Awalnya, Robby memang sempat ragu dan malu untuk mengungkap keburukannya. Namun ia sadar kalau ia bisa membantu orang-orang yang sama seperti dirinya.

"Ketika itu saya mau karena Tuhan sudah menyelamatkan keluarga saya. Sekarang kewajiban saya untuk kembalikan hidup saya menjadi berkat bagi orang lain," ujar Robby.

(det/jje)

Editor: Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING