Idris Sardi Sang MaestroKisah Cinta Monyet Idris Sardi dan Tunangan Diam-Diam

Rabu, 28 Mei 2014 18:31 Penulis: Darmadi Sasongko
Kisah Cinta Monyet Idris Sardi dan Tunangan Diam-Diam Idris Sardi © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Oleh: Darmadi Sasongko

Tiga perempuan yang pernah menjadi istri Idris Sardi hadir saat pemakaman maestro biola Indonesia itu di TPU Menteng Pulo, Kasablanca, Jakarta Selatan, Senin, 28 April 2014. Di antara mereka adalah Zerlita, mantan istri pertama yang juga cinta monyetnya.

Sebenarnya, sebelum dijodohkan dengan Zerlita, Idris pernah tertarik dengan gadis bernama Yati, yang saat itu sedang mulai belajar biola. Ayah Yati adalah seorang dokter tentara berpangkat kolonel. Namun cinta pertamanya itu berakhir setelah Idris pulang menjalankan Misi Kesenian Terikora III tahun 1963. Yati meminta untuk mengakhiri hubungan mereka, kendati tetap meneruskan persahabatan.

Kisah perjalanan cinta monyet Idris Sardi ini ditulis dalam buku Idris Sardi, Perjalanan Maestro Biola Indonesia karya Fadli Zon.

Tidak terlalu lama setelah putus dari Yati, Idris Sardi dijodohkan oleh seniman Bing Slamet (ayah Adi Bing Slamet) dengan Zerlita. Usianya sekitar 25 tahun, sementara Zerlita jauh di bawahnya.

Saat itu setelah pulang show bersama Koes Bersaudara di Ujungpandang tahun 1963, dia menjalani pertunangan secara diam-diam. Bahkan sang ibu pun tidak tahu.

Idris Sardi bersama Zerlita, Sumber Foto: @fadlizonIdris Sardi bersama Zerlita, Sumber Foto: @fadlizon

"Itu (tunangan) Mas Bing semuanya. Saya dipertunangkan dengan Ita (panggilan Zerlita). Mas Bing mewakili pihak saya. Bahkan, ibu saya sendiri tidak tahu. Teman-teman ketika itu juga tidak setuju. Mereka bilang itu masih cinta monyet Dris," kata Idris Sardi sebagimana ditulis dalam buku Idris Sardi, Perjalanan Maestro Biola Indonesia karya Fadli Zon.

Zerlita sendiri dikenal sebagai penyanyi dan keponakan Bing Slamet dari istrinya, Ratna Hury. Ratna Komala Sari, ibunda Zerlita adalah kakak kandung Ratna Hury. Idris sudah sangat mengenal Zerlita karena kedekatannya dengan Bing Slamet.

Bahkan saat Zerlita masih masih Sekolah Dasar (SD) sekitar tahun 1960, pernah menjadi salah satu vokalis album lagu-lagu anak ciptaan Ibu Soed. Album itu dibuat Idris bersama-sama Bing Slamet. Tidak disangka setelah remaja, gadis kecil itu menjadi tunangannya.

Selesai tunangan Idris belum berani langsung menikah, karena dia masih menjadi tulang punggung keluarga setelah ayahnya meninggal dunia. Dia memiliki adik-adik yang masih kecil. Sementara Zerlita meneruskan kuliahnya di Universitas Indonesia jurusan Arkeologi.

Idris Sardi bersama enam adiknya, Sumber Foto: @fadlizonIdris Sardi bersama enam adiknya, Sumber Foto: @fadlizon

"Saya bilang ke Ita, saya akan menikahi dia, ketika dia sudah masuk UI. Wah rupanya dia ngotot. Dia belajar dengan keras. Kelas dua SMA dia malah sudah mencoba ikut ujian masuk UI," ungkap Idris.

Akhirnya terbukti, Idris menikahi Zerlita pada 1968, yang saat itu masih mahasiswa di UI. Dia mengaku mendapat dorongan semangat untuk berani membangun rumah tangga dari Bing Slemet.

"Berkat Mas Bing lah saya berani melangkah merencanakan pernikahan," tegasnya.

Sekitar setahun kemudian keluarganya dikaruniai anak pertama, Nour Risanti Sardi (Santi Sardi), yang pada tahun 70-an hingga awal 80-an dikenal sebagai bintang akting dan penyanyi populer. Disusul kelahiran anak kedua pada 1971, Lukman Cahyadi Sardi (Lukman Sardi) yang juga aktor terkenal yang banyak menerima penghargaan perfilman. Terakhir, lahir si bungsu Ajeng Triani Sardi (1974) yang juga bintang akting.

Namun hubungan Idris dan Zerlita diguncang prahara, pada 1981 mereka sepakat berpisah setelah 13 tahun berumah tangga. Kendati berpisah mereka tetap menjadi sahabat yang baik hingga akhir hayat.

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING