Idris Sardi Sang MaestroIdris Sardi Lupa Melodi Saat Mainkan Lagu Request Ibu Tien

Senin, 19 Mei 2014 16:31 Penulis: Darmadi Sasongko
Idris Sardi Lupa Melodi Saat Mainkan Lagu Request Ibu Tien Idris Sardi © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Oleh: Darmadi Sasongko

Sejak peralihan kekuasaan jatuh ke pemerintahan Orde Baru, Idris Sardi tidak pernah lagi tampil di lingkungan Istana Negara. Bukan dilarang, tapi memang selalu berusaha menolak hadir saat diundang. Seribu satu alasan digunakan setiap kali utusan dikirim untuk membujuknya.

Penampilannya di resepsi kenegaraan 17 Agustus 1974, merupakan konser pertamanya, setelah tidak punya alasan lagi untuk menolak. Idris ketahuan berbohong karena alasannya show ke Jepang saat itu hanya akal-akalannya saja. Dia tidak bisa berkutik, akhirnya tampil juga di hadapan Presiden Soeharto.

Permainan Idris sepertinya sudah ditunggu-tunggu. Benar-benar meriah, selama dua jam melayani request para tamu. Karena memang malam itu, dia mengubah pakem acara kenegaraan, yang biasanya hanya disuguhi lagu-lagu nasional perjuangan.

Idris menambahkan beraneka ragam lagu mulai lagu daerah, pop Indonesia bahkan lagu barat pun disajikan, di antaranya Aryati, Selendang Sutra, Sepasang Bola Mata, Yellow Bird, Ramona, I Left My Heart.

Namun kisah lucu dan setengah memalukan dialami Idris di acara itu. Saat itu, seorang ajudan menunjukkan kertas yang berisi tulisan request lagu dari Ibu Tien Soeharto. Beliau minta dimainkan lagu Cinta Pertama yang memang sedang hit. Tapi entah mengapa Idris enggan melayani dengan menunda-nunda permintaan itu.

Idris Sardi  © KapanLagi.comIdris Sardi © KapanLagi.com

"Nah saya ini kan selalu kurang begitu suka kalau disuruh main lagu Cinta Pertama. Terasa ada yang saya lupa melodinya. Akhirnya permintaan dari ajudan tersebut tidak saya indahkan," begitu alasan Idris Sardi seperti dikutip dari Buku Idris Sardi: Perjalanan Seorang Maestro Biola Indonesia karya Fadli Zon.

Karena tidak juga memainkan lagu Cinta Pertama, sang ajudan setengah menekan Idris untuk segera membawakan lagu itu. Sang ajudan menekankan bahwa request Ibu Tien harus diutamakan dan segera dipenuhi.

"Akhirnya saya mainkan juga lagu Cinta Pertama. Nah di situ apa yang saya khawatirkan terjadi lagi. Melodi Cinta Pertama kan ada yang muter-muter. Jadi kalau sampai salah dan lupa, bisa-bisa terjebak. Jadi nggak ada ujung berhentinya. Nah saya malah lupa dan akhirnya muter-muter di melodi itu terus," katanya tertawa.

Usai acara, Idris Sardi bertemu Pak Harto dan Ibu Tien untuk pertama kalinya. Di luar prasangkanya mereka justru memuji penampilannya. Master biola ternyata juga pernah lupa melodi!

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING