Kunjungi Lima Anak Terlantar, Desy Ratnasari Dipanggil 'Bunda'

Sabtu, 23 Mei 2015 10:42 Penulis: Ratih Adiwardhani
Kunjungi Lima Anak Terlantar, Desy Ratnasari Dipanggil 'Bunda' Desy Ratnasari ©KapanLagi.com®/Akrom
Kapanlagi.com - Kasus penelantaran anak yang dilakukan oleh pasangan Utomo Pernomo dan Nurindria Sari menyita perhatian publik, termasuk artis cantik Desy Ratnasari. Desy yang kini menjabat sebagai anggota DPR Komisi VIII ini pun mengunjungi lima anak yang ditelantarkan orang tuanya tersebut.

Desy mengungkapkan anak-anak yang paling kecil terbilang mudah untuk menerima kehadiran Desy, sementara salah satu kakak tertuanya lebih tertutup dan memilih menghindar dari sorotan.

"Saya ngobrol selama satu jam, ketika mereka menolak saya, saya tidak masuk memaksa. Saya ajak ngobrol, anak laki saya ajak main puzzle, anak yang 9 tahun menolak terus," ujar Desy saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/5).

Namun berkat pendekatan Desy, anak tertua dari kelima anak tersebut akhirnya mau berbicara dengan Desy. Bahkan, ia memanggil Desy dengan sebutan 'bunda'.

Desy Ratnasari dipanggil 'bunda' oleh 5 anak terlantar ©KapanLagi.com®/AkromDesy Ratnasari dipanggil 'bunda' oleh 5 anak terlantar ©KapanLagi.com®/Akrom

"Akhirnya dia mau terbuka, ditanya sama dia 'ke sini lagi gak bunda?' Saya bilang "kalau ada waktu saya ke sini lagi" saya udah berkoordinasi dengan KPAI juga," urainya saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/5).

Sebagai wakil rakyat yang membawahi urusan sosial, saat ini Desy tengah mengupayakan upaya pemulihan trauma dan kesehatan bagi anak-anak yang ditelantarkan tersebut. Ia ingin memastikan anak-anak tersebut mendapat perlindungan yang layak.

"Perhatian saya penuh bagaimana dia bisa mengakses, konseling supaya dia bisa mengetahui rehab apa yang cocok untuk mereka. Untuk anak-anak yang sekarang concernnya bisa sehat lagi, karena mereka generasi penerus," jelasnya.

Lebih lanjut Desy menambahkan bahwa orang tua yang menelantarkan anaknya bisa terancam hukuman lima tahun penjara atau denda Rp 100 juta. Menurut Desy, wali terbaik bagi anak tetaplah orang tuanya, namun jika melihat orang tuanya lalai, perwalian anak bisa diserahkan ke pihak keluarga lainnya yang dipandang mampu.

(kpl/aal/rth)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING