Maudy Koesnaedi Konsisten Lestarikan Budaya Betawi

Selasa, 27 Oktober 2015 17:30 Penulis: Muntiara Grace
Maudy Koesnaedi Konsisten Lestarikan Budaya Betawi Maudy Koesnadi © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Kabar terbaru datang dari artis cantik Maudy Koesnaedi. Sebagai salah satu mantan None Jakarta, dirinya juga merupakan penggagas berdirinya Teater Abang None atau disingkat Teater Abnon. Ditemui saat sedang berada di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta Pusat, Jum'at (23/10) malam lalu ia beserta para mantan abang none yang lain tengah menggelar gladi resik untuk pementasan esok hari.

Pementasan kesembilan tersebut akan mengusung salah satu budaya Betawi yaitu silat. Selama delapan bulan lebih mereka harus berlatih intensif dengan tiga perguruan silat besar seperti Sabeni Tenabang, Harimau Belut Putih dan Pusaka Jakarta. Menurutnya salah satu abang yang terlibat bernama Lutfi.

"Pementasan kesembilan ini bisa dibilang yang terberat karena masa persiapan lebih panjang. Dan mereka hampir setiap hari
latihan fisik. Biaya produksi juga sudah pasti makin meningkat," ungkapnya.

Maudy Koesnaedi akan gelar pementasan Teater Abnon © KapanLagi.com/Agus ApriyantoMaudy Koesnaedi akan gelar pementasan Teater Abnon © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Cedera selama proses berlatih juga dialami oleh salah seorang pemain yaitu Lutfi. ia harus mengalami keseleo, bahkan sampai tulang pindah. Namun untung ada Abah (Jawara) yang bisa mengobatinya. Dalam pagelaran ini pun ada hal berbeda yang diusung Maudy.

"Ini setting agak zaman dulu. Ada pesta unjungan, panen bumi yang sulit dilakukan lagi di zaman sekarang. Tapi kita padukan sama unsur modern dari segi lightingnya dan efek LED," tambahnya.

Setelah pementasan ini, salah satu pemain dalam sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN tersebut akan terus berkarya di tahun depan. Untuk ide belum dapat ia pastikan karena menunggu evaluasi dan rapat dari para anggota yang lain. Tetap konsisten, Maudy berjanji akan melanjutkan misinya untuk melestarikan budaya Betawi.

(kpl/pur/grc)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING