Mengenal Lebih Dalam Tentang Ajang Miss Grand International

Kamis, 27 Oktober 2016 13:38 Penulis: Wulan Noviarina
Mengenal Lebih Dalam Tentang Ajang Miss Grand International Ariska Putri Pertiwi ©grand_pageant

Kapanlagi.com - Bagi sebagian besar orang Indonesia, ajang Miss Grand International belum terlalu populer. Meski bangga ketika Indonesia akhirnya memenangkan mahkota di ajang penghargaan internasional, namun tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya ajang ini? Bagaimana posisinya bila dibandingkan dengan Miss Universe atau Miss World yang menjadi ajang kecantikan papan atas dunia.

Daripada penasaran, yuk kita kulik, apa itu Miss Grand International. Apa tujuan acara ini dan sejak kapan Miss Grand International dihelat, semua bakal dikupas tuntas di sini.

Penggagas Acara

Dilansir dari laman missgrandinternational.com, ajang Miss Grand International digagas oleh Nawat Itsaragrisil dan Yuphiyao Thaivisut. Ajang kontes kecantikan ini berada di bawah naungan Miss Grand International Organization yang berkantor pusat di Bangkok, Thailand.

Disebut Miss Grand International karena nama ini menggambarkan kekuatan, kebesaran dan kemegahan dalam diri seseorang. Tidak hanya soal fisik, namun kekuatan hati dan kebesaran hati dalam menghadapi sesuatu dan juga kemegahan negara yang diwakili para perempuan di ajang ini.

Miss Grand International digagas di Bangkok, Thailand ©missgrandinternationalMiss Grand International digagas di Bangkok, Thailand ©missgrandinternational

Tujuan

Miss Grand International Organization menggelar acara ini bukan tanpa tujuan. Para penggagas acara resah dengan banyaknya perang dan tindak kekerasan di dunia ini, dan harus ada suatu gerakan damai yang menggugah semua orang agar dunia jadi lebih nyaman untuk ditinggali.

Tujuan utama dari Miss Grand International adalah untuk mengakhiri perang dan membantu menciptakan harmoni, perdamaian dan kebebasan di dunia. Bila tercipta kedamaian, maka kehidupan manusia akan jadi lebih baik dan tentu nyaman untuk semua orang.

Selain itu, Miss Grand International juga berharap bisa mengakhiri segala bentuk kekerasan dan permusuhan di dunia. Agar anak-anak dan generasi umat manusia berikutnya bisa hidup tanpa konflik.

Peserta

Ajang ini pertama kali digelar pada tahun 2013 silam di Bangkok, Thailand. Dengan peserta dari 71 negara, gelaran pertama Miss Grand International berhasil dimenangkan oleh Janelee Chaparro, wakil dari Puerto Rico.

Peserta Miss Grand International berasal dari bermacam-macam ajang kontes kecantikan di berbagai negara. Ada yang memang menggelar ajang Miss Grand lokal di negara mereka, ada pula yang mengutus Miss Negara untuk jadi wakil.

Peserta Miss Grand International ©missgrandinternationalPeserta Miss Grand International ©missgrandinternational

Ada pula negara yang menunjuk perwakilan dari salah satu finalis kontes kecantikan. Indonesia menggunakan cara ini, pihak Yayasan Puteri Indonesia menunjuk runner up 2 ajang Puteri Indonesia 2016 untuk berangkat ke Miss Grand International.

Selain menunjuk finalis Puteri Indonesia, negara kita juga pernah meminta Miss Earth Indonesia - Air 2014 untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Grand International. Semuanya diperbolehkan, tentu selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dari pihak panitia Miss Grand International.

Pemenang Miss Grand International

Sampai tahun ini, Miss Grand International sudah empat kali digelar. Tiga kali di antaranya digelar di Bangkok, Thailand dan baru tahun ini digelar di Amerika Serikat. Rencananya, tahun depan bakal dihelat di Hanoi, Vietnam.

Gelaran pertama Miss Grand International dimenangkan oleh Janelee Chaparro, wakil dari Puerto Rico. Tahun kedua dimenangkan oleh Daryanne Lees, wakil dari Kuba. Gelaran ketiga dimenangkan oleh Anea Garcia, wakil dari Republik Dominika yang kemudian mengundurkan diri dan digantikan oleh Claire Elizabeth Parker, wakil dari Australia.

Pemenang Miss Grand International 2015 ©missgrandinternationalPemenang Miss Grand International 2015 ©missgrandinternational

Kiprah Indonesia

Sejak pertama kali Miss Grand International digelar, Indonesia sudah berpartisipasi. Berbagai prestasi pun sudah diukir wakil Indonesia di ajang ini, mulai dari

Dilansir dari laman wikipedia, tercatat bahwa wakil pertama di ajang Miss Grand International adalah Novia Indriani Mamuja. Sayangnya runner-up 3 Puteri Indonesia 2012-2013 ini hanya mampu berpartisipasi sebagai peserta, tidak membawa pulang piala apapun.

Wakil Indonesia di Miss Grand International 2015 ©missgrandinternationalWakil Indonesia di Miss Grand International 2015 ©missgrandinternational

Wakil kedua yang berangkat ke Miss Grand International adalah Margenie Winarti, Miss Earth Indonesia - Air 2014. Margenie mengukir beberapa prestasi di sini, ia masuk ke sepuluh besar, memenangkan piala gaun malam terbaik, masuk 25 besar baju renang terbaik dan 20 besar kostum nasional terbaik.

Wakil ketiga dari Indonesia adalah Yolanda Remetwa, runner up 1 Puteri Pariwisata Indonesia 2014. Sayangnya, tahun lalu Yolanda hanya mampu masuk ke 20 besar kostum nasional terbaik dan 10 voting popularitas.

Indonesia Menang

Pada gelaran keempat Miss Grand International, Indonesia membawa pulang mahkota kemenangan. Tidak hanya itu, Indonesia yang diwakili oleh Ariska Putri Pertiwi juga membawa pulang piala kostum nasional terbaik.

Indonesia juara tahun 2016! ©missgrandinternationalIndonesia juara tahun 2016! ©missgrandinternational

Kemenangan Ariska di ajang Miss Grand International 2016 menjadi sebuah pijakan baru bagi kiprah Indonesia di ajang kontes kecantikan dunia. Ini adalah pertama kali Indonesia berhasil menjadi juara di kontes Internasional setelah bertahun-tahun maksimal hanya masuk ke tiga besar saja.

Ariska mengalahkan wakil dari Filipina dan Thailand yang masuk tiga besar bersamanya. Kini, Ariska bakal berkantor di Bangkok dan menyebarkan perdamaian di seluruh dunia mewakili Miss Grand International.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING