SELEBRITI

Meski Belum 100% Valid, Detri Warmanto Dinyatakan Negatif Corona dari Alat Rapid Test

Senin, 30 Maret 2020 17:22

Detri Warmanto / Credit: Instagram - detriwarmanto

Kapanlagi.com - Detri Warmanto adalah salah satu artis yang dinyatakan positif terpapar virus corona. Padahal, pria berusia 33 tahun itu sama sekali tak mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk atau gangguan pernapasan. Detri masuk dalam kategori silent carrier.

Setelah sekitar 2 mingguan mengisolasi diri di rumah, Detri akhirnya melakukan rapid test (tes cepat) menggunakan sebuah alat dari sahabatnya. Dan hasilnya ternyata negatif. Namun Detri menjelaskan jika hasil dari alat tersebut belum 100% valid.

"Sebenernya saya baru memposting rapid test. Rapid tes itu dites cepat kan dan tingkat keakurasiannya juga sebenernya nggak seakurat yang di rumah sakit, yaitu swab, itu yang dimasukin ke dalam hidung. Jadi kalau saya tes di rumah sakit rencananya besok pada hari Selasa di RSPAD saya akan tes semuanya tuh, rontgen paru, tes darah, tes tensi sampe swab. Jadi kemungkinan hari Selasa besok baru kalau misalnya dinyatakan negatif benar-benar, baru itu jawaban yang paling valid," ungkap Detri saat dihubungi KapanLagi.com, Senin (30/3/2020).

1. Tunggu Hasil Resmi dari RSPAD

Alat rapid test itu sebenarnya dirilis untuk orang-orang yang selama ini belum pernah check up atau terdeteksi, bukan pasien seperti Detri yang sebelumnya sudah pernah check up. Tapi karena kebetulan dipinjami oleh temannya, Ia pun menggunakannya hanya untuk sekedar tahu. Hasil yang valid baru akan keluar setelah Ia menjalani tes di RSPAD nanti.

"Betul, karena kan per tanggal 15 maret kemaren saya dinyatakan positif dan saya memblow up ke media itu kan saya dinyatakan positifnya oleh RSPAD, bukan rapid test. Makanya dapat jawaban pertama itu hasil dari RSPAD, jawaban nanti negatif atau positif berikutnya harus dari RSPAD setelah masa karantina saya selesai," sambungnya.

2. Orang Sekitar Detri Warmanto Juga Positif Corona

Meski hasil negatif yang terlihat pada alat itu belum sepenuhnya valid, namun setidaknya Detri bisa sedikit bernapas lega. Kejadian yang dialami Detri ini sekaligus bisa jadi pembelajaran buat kita semua jika orang yang sehat dan tak sakit-sakitan juga berisiko terkena virus corona.

"3 orang yang terpapar di rumah saya adalah driver, asisten pribadi dan saya, asisten pribadi ibu maksudnya. 3 orang itu terpapar dengan tidak ada gejala sedikitpun, itu namanya silent carrier. Sama kayak saya, tidak ada gejala sedikit pun. Terus satu-satu nih dikasihin test rapid, pegang aja nih dari Dinas Kesehatan. Dipegang, maksudnya nanti di ujung nih, menuju 14 hari karantina test aja. Sebenernya tingkat keakurasiannya mungkin nggak sampai 50 persen kali ya. Tapi minimal kita bisa mengetahui nih mulai negatif atau positif," tutup Detri.

Stay safe KLovers! Untuk sementara waktu ikuti imbauan pemerintah buat #dirumahaja ya. Semoga musibah ini segera berlalu.


REKOMENDASI
TRENDING