Nycta Gina: Jadi Dubber Itu Bukan Profesi Yang Mudah

Kamis, 08 Juni 2017 17:15 Penulis: Natanael Sepaya
Nycta Gina: Jadi Dubber Itu Bukan Profesi Yang Mudah Nycta Gina © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Bergulat di dunia seni peran dan broadcasting, kini Rizna Nycta Gina mencoba langkah baru dengan menjadi seorang dubber. Berbeda dengan kebiasaan yang ia lakukan, Nycta Gina yang harus bisa mengubah karakter suaranya menjadi 5 suara ini mengaku kalau dubber bukanlah profesi yang mudah.

"Pokoknya menurut aku menjadi dubber itu bukan suatu profesi yang mudah tetap aja ada kesulitannya. Seperti di dalam tadi mas Ferry (Ferry Salim) bilang, biasanya kesulitannya adalah kalau kaya aku, aku kan bukan dubber profesional, yah yang bisa ngerubah suara yang mungkin dalam satu diri begini bisa  5 suara gitu yah," ujarnya saat ditemui di hotel Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2017).

Bukan cuma itu saja, Nycta Gina sendiri juga mendapat tantangan untuk bisa mengubah karakter suara dari bahasa asing menjadi bahasa Ibu, atau sebaliknya. "Kalau aku pasti karakternya suaranya mirip-mirip kaya suara aku. Cuma kesulitan yang aku hadapi ya, seperti tadi dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Kadang-kadang diterjemahinnya ke Indonesia jadi kepanjangan. Jadi nggak pas gerak mulutnya. Misalnya si karakternya cuma satu suku kata, like, sedangkan bahasa indonesianya suka, gitu kan ada perbedaan durasi yang gitu-gitu yang bikin agak perlu keahlian lebih gitu," lanjutnya.

Konsentrasi dan lancar mengubah karakter suara setiap saat, jadi tantangan Nycta Gina saat menjadi seorang dubber © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaKonsentrasi dan lancar mengubah karakter suara setiap saat, jadi tantangan Nycta Gina saat menjadi seorang dubber © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Aktris cantik yang pernah mengisi suara Agnes dalam film DESPICABLE ME yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia ini juga menjelaskan kalau sejumlah project ia kerjakan sebelum memasuki bulan puasa. Walau begitu, konsentrasi jadi tantangan lain yang harus bisa diatasi Nycta Gina.

"Sebelum puasa, agak lumayan yah ya jadi aku ngerjain dua hari jadi mau dihajar kelar satu hari gitu, cuma aku bilang sama vocal coach-nya, kayaknya aku nggak sanggup nih, karena kaya gitu kan butuh konsentrasi karena kita nge-dubbing sambil liat skripnya sambil liat filmnya. Jadi dua-duanya harus fokus jadi waktu itu udah setengah jalan aku udah buyar besok lagi deh kita lanjutin," tambah aktris 32 tahun itu.

Karena itulah di bulan puasa ini Nycta Gina mulai membatasi diri untuk mengerjakan setiap pekerjaannya. "kalau lagi halangan boleh aja sih yah. Tapi kalau lagi pas puasa aduh kayaknya aku nggak sanggup itu kayaknya perlu konsentrasi tinggi. Aku aja nggak puasa konsentrasi aja lemah apalagi puasa," pungkasnya seraya tertawa lepas.

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING