SELEBRITI

Pandemi Memaksa Dian Sastrowardoyo Lakukan Hal Baru, Belajar Tulis Naskah Film - Jadi Sutradara

Minggu, 15 November 2020 09:00

Dian Sastro © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Dampak pandemi Covid-19 dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali aktris cantik Dian Sastrowardoyo. Dalam segala keterbatasan dan perubahan selama pandemi, wanita 38 tahun ini justru bersyukur karena bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.

Meski kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, Dian Sastro tak lantas tinggal diam. Bintang film ADA APA DENGAN CINTA? ini mencoba berbagai hal baru yang belum pernah ia lakukan sebelumnya karena kesibukannya sebagai seorang aktris papan atas, yakni kursus menulis naskah film.

"2020 membawa banyak sekali kesempatan buat saya. Terimakasih, terimakasih, terimakasih. Jadi ceritanya begini... Di awal tahun pandemi dan pembatasan sosial memaksa saya untuk terus di rumah dan menjadi bosan dan suntuk. Hingga itu memaksa saya untuk melakukan sesuatu. Sesuatu yang baru yang belum pernah saya coba sebelumnya. Saya daftar kursus online screenwriting selama 3.5 bulan. Lalu setelah lulus dan mulai paham dasar dasar penulisan script film, saya memberanikan diri menulis script," ungkap Dian Sastro melalui postingan Instagram-nya.

"Disaat menulis kerangka untuk script itu, saya lalu diberikan tantangan untuk menulis script film pendek, tantangan itu saya terima sebelum saya benar-benar tau saya bisa kerjain itu apa nggak. Nekad aja dulu. Dengan supervisi kreatif @base.id menggandeng tangan saya hingga saya menyelesaikan penulisan script," imbuhnya.

1. Pertama Kali

Nama Dian Sastro sebagai seorang aktris memang tidak asing di jagat perfilman Tanah Air. Namun, baru kali ini namanya tidak bertengger dalam jajaran pemeran dalam film baru yang sedang digarapnya sendiri.

"Lalu masuk proses pra-produksi. Baru pertama kali saya ngalamin proses itu tidak sebagai seorang aktor. Ternyata jauh lebih banyak tugasnya dan lebih banyak lagi yang harus dikerjakan sebelum kita mengundang para aktor untuk bergabung dalam project. Semua harus sudah siap hingga akhirnya saya memberanikan diri untuk mengajak sahabat saya sendiri @adiniawrst untuk bekerja sama dalam project ini. Proses reading intensif berjalan melalui daring, dan prosesnya sangat rewarding," tutur wanita kelahiran 16 Maret 1982 ini.

2. Jadi Nahkoda Produksi

Menjadi sosok di balik layar untuk pertama kalinya tentu menjadi pengalaman berkesan bagi seorang Dian Sastro. Apalagi karena ia terlibat dalam pembuatan film sejak awal hingga akhir.

"Saat syuting, saya sekali lagi memberanikan diri menjadi nahkoda dalam produksi ini, di mana semua Head Of Departments bekerja melebihi ekspektasi saya, membuat pekerjaan sebagai sutradara jadi lebih terfokus ke aransemen seluruh elemen film ini. Jadi begitu ceritanya teman-teman, saat ini film sedang dalam proses post production, doakan lancar terus ya.." ujar Dian Sastro.

3. Panjatkan Syukur

Ada hikmah yang bisa dipetik dari pandemi yang masih terus berlanjut ini. Seperti Dian Sastro yang senantiasa bersyukur atas kesempatan untuk menjajal hal baru dan tetap berkreasi.

"2020, tahun yang berkali kali mengajari saya untuk bersyukur dan bersyukur lagi. Terimakasih atas kesempatan ini. Terimakasih atas kepercayaannya. Terimakasih atas kerjasama yang indah wankawan... terimakasih," pungkasnya.

4. Jangan Lupa

Kisah Dian Sastro mencoba hal baru di tengah pandemi benar-benar menginspirasi dan boleh banget untuk ditiru nih KLovers. Tapi, jangan lupa untuk selalu ingat #pesanibu dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan juga menghindari keramaian ya!


REKOMENDASI
TRENDING