SELEBRITI

Ridho Slank Berjuang Keras Agar Musisi 'diakui' di Indonesia

Cinthya Septavy  |  Rabu, 07 Juni 2017 21:22

Ridho Slank Berjuang Keras Agar Musisi 'diakui' di Indonesia

Kapanlagi.com - Perjalanan karir bermusik Ridho Slank tentu tak lepas dari pengalamannya di awal karir sebagai pengajar sebuah kursus musik yang didirikannya. Tak dimungkiri, kecintaan pria 43 tahun tersebut dalam berbagi ilmu di bidang musik rupanya tak terbatas pada cakupan materi saja. Pasalnya ia juga mengajar gratis bagi mereka yang ingin serius belajar tentang musik.

"4 - 5 tahun lalu saya bikin kelas mengajar, free. Tapi saya ajarnya tiap jam 7 pagi. Lumayan waktu itu itu 10 sampai 15 orang datang. Kenapa saya bikin pagi karena dengan datang pagi melihat keseriusan mereka ada. Saya bikin free jam 7 sampai 9 pagi. Dan Insya Allah bulan depan habis Lebaran saya mau bikin lagi. Siapa aja bisa ikut. Free. Kita coba bedah musik, gitar, industri, recording, tentang apapun," ujar Ridho Slank saat berbagi cerita di panggung Uji Gelar Pentas Seni, Aula Gedung A Kemendikbud, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (5/6).  

"Terus Institut Musik Jalanan saya apresiasi banget mereka karena tiap hari berbicara sama. Bahwa konsep pengamen atau musisi jalanan harus dinaikkan lagi derajatnya. Artinya mereka butuh sertifikasi atau tempat ruang mereka bisa main. Sekarang preman berkedok pengamen ada aja. Dengan tepuk tepuk tangan mereka pikir itu bagian daripada seni. Kami butuh lebih daripada itu," paparnya.

Profesi musisi dinilai Ridho Slank masih belum mendapatkan cukup pengakuan dari negara © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaProfesi musisi dinilai Ridho Slank masih belum mendapatkan cukup pengakuan dari negara © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya


Sebagai musisi, kini Ridho menjadi salah satu orang yang lantang 'berteriak' meminta hak pada pemerintah untuk mengakui keberadaan musisi sebagai bagian dari warga negara Indonesia. Bukan tanpa alasan, profesi musisi kerap dipandang sebelah mata dan seringkali tanpa masa depan.

"Satu lagi yang mau saya sampaikan. Perjuangan kami musisi hari ini ingin membuat Rancangan UU tentang musik. Salah satunya selain masalah pembajakan tetapi juga hal paling simpel yang saya rasakan adalah untuk mencari KPR. Karena kami tidak punya slip gaji dan lain-lain. Kami sedang perjuangkan. Dan KTP saya pengin ada tulisan musisi, karena beberapa hari lalu saya urus passport adanya penyanyi. Saya bilang saya bukan penyanyi, seniman boleh lah. Tapi seniman juga enggak ada, musisi enggak ada," ungkapnya.

"Wah diskriminasi saya bilang. Kenapa enggak ada musisi? Ini salah satu perjuangan kami.  Padahal karya kami selalu diminati, dari zaman dulu selalu musik dijadikan alat. Tapi kami musisi tidak pernah diperhatikan masalah kesehatan dan lain-lainnya. Kalau sekarang kita berjuang sendiri sendiri ya wajar. Sekarang kami mencoba musisi di mana pun bisa tercover masa tuanya, tidak cuma memberikan donasi donasi," tandasnya.

Jangan Lewatkan!!!

Anak Artis Season 3 - Ada Apa Dengan Yogyakarta

Kinoy galau gaes... - KapanLagi #LUPAINMANTAN

Buat Musisi Indonesia, Ridho Slank: Hal Paling Utama Berkarya!

Tak Hanya Jago, Ridho Slank Harap Musisi Bisa Jaga Attitude

Gigih! Ridho Slank Yakinkan Ayahnya Agar Direstui Dalam Bermusik

(kpl/pur/cvn)

Editor:

Cinthya Septavy

Rekomendasi Pilihan



Fotografernya sendiri adalah sang gitaris, Ridho Hafidz.
10 Foto


Lihat Arsip Selebriti

- - -