Tak Hanya Jago, Ridho Slank Harap Musisi Bisa Jaga Attitude

Rabu, 07 Juni 2017 10:06 Penulis: Cinthya Septavy
Tak Hanya Jago, Ridho Slank Harap Musisi Bisa Jaga Attitude Ridho Slank © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Siapa yang menyangka jika perjalanan karir bermusik Ridho Slank ternyata sangat berliku. Pria 43 tahun tersebut sempat tak direstui sang ayah untuk merintis cita-citanya sebagai musisi, hingga akhirnya bisa kuliah musik di Amerika. Perjuangan Ridho pun berbuah manis saat karirnya perlahan berjalan mulus sekembalinya ke Indonesia.
   
"Saya harusnya dapat beasiswa tapi karena living cost di sana waktu itu lumayan tinggi jadi saya bayar per bulan. Saya pikir begitu diperbolehkan sekolah di luar negeri. Itu adalah jasa yang paling tinggi buat saya. Karena setelah saya pulang, alhamdulillah semua pekerjaan saya di musik berjalan lancar," ujar Ridho Slank saat berbagi cerita di panggung Uji Gelar Pentas Seni, Aula Gedung A Kemendikbud, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (5/6).

Seolah tak ingin menyia-nyiakan ilmu yang didapatnya di negeri Paman Sam, Ridho pun mendirikan sebuah kursus musik dan mengajar selama hampir empat tahun lamanya. Kala itu ia belum terpikir untuk menjadikan musisi sebagai mata pencaharian utama di dunia musik Tanah Air.  

Ridho Slank ingin semua musisi memiliki 'attitude' yang baik © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaRidho Slank ingin semua musisi memiliki 'attitude' yang baik © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya


"6 bulan saya pulang saya mengajar karena waktu itu saya tidak berpikir untuk perform di panggung. Saya suka mengajar. Waktu SMP saya ajar teman-teman SD, dan SMA saya ajar SMP walaupun pengetahuan musik saya juga terbatas. Jadi pikiran saya waktu itu sekolah musik tujuannya adalah mengajar. Saya bikin Institut Musik Indonesia di Jakarta, saya mengajar hampir empat tahun di kursus musik," ungkapnya.

Selama mengajar, Ridho mengaku menemui banyak bibit musisi hebat namun masih ada satu hal yang dinilainya kurang pada diri para musisi tersebut, yakni good attitude. Ia berharap ke depan akan semakin banyak bermunculan musisi dengan attitude yang baik.  

"Banyak pemusik yang jago, jago banget tapi saya gagal mengajar masalah attitude. Ternyata musik itu attitude. Attitude itu yang bawa kita naik grade, kita punya satu level yang lebih baik lagi dengan attitude. Bagaimana cara berkomitmen, menjalankan sebuah kontrak, banyak sekali attitude. Dan bagaimana kita menghargai orang-orang yang lebih tua. Banyak musisi yang belajar sama saya secara tekniks jago jago tapi attitude-nya ... Itu bisa membuat kita bisa berada di semua tempat bisa menempatkan diri. Kita juga bisa dipandang orang, bener gitu," pungkasnya.

(kpl/pur/cvn)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING