SELEBRITI

Buat Musisi Indonesia, Ridho Slank: Hal Paling Utama Berkarya!

Cinthya Septavy  |  Rabu, 07 Juni 2017 19:14

Buat Musisi Indonesia, Ridho Slank: Hal Paling Utama Berkarya!

Kapanlagi.com - Melihat geliat karya musisi jalanan yang tak kalah keren dengan musisi kenamaan, Ridho Slank pun memberi dukungan penuh agar para musisi jalanan diberikan 'wadah' untuk mengekspresikan diri mereka melalui karya. Eits, gitaris 43 tahun itu punya kriteria tersendiri lho soal definisi musisi jalanan. Pasalnya tak semua dari mereka bisa disebut demikian, seperti penuturannya berikut:

"Saya tuh kalau dengar kata pengamen itu udah agak underestimate duluan. Tangan saya kotor lagi makan, enggak bisa ngambil duit. Tunggu bentar tapi kadang mereka suka maksa. Itu pengamen? Itu musisi? Saya pikir bukan itu ya. Harusnya mereka tidak kayak begitu. Orang yang memberi tidak berangkat dari intimidasi, orang mengapresiasi akhirnya memberi. Bukannya nyamperin terus begitu dikasih uang, selesai. Jadinya orang kasih uang buat selesai. Jadi menurut saya attitude seperti itu mesti diubah," ujar Ridho Slank saat berbagi cerita di panggung Uji Gelar Pentas Seni, Aula Gedung A Kemendikbud, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (5/6).

"Masukan buat musisi di Indonesia, hal paling utama berkarya sih. Yang ada di jalanan itu bawaannya main aja, perform aja. Padahal berkarya itu paling penting. Ada guru saya di Amrik waktu itu, dia 2,5 jam bicara aja cuma mau bilang bahwa kamu sudah bikin apa. Saya sudah bikin draft song dan lain-lain. Jadi harus berkarya. Coba kamu jalan ke Hollywood Boulevard kamu tanya ngetopan siapa gitaris Joe Satriani atau Kurt Cobain. Pasti orang orang pinggir situ taunya Kurt Cobain karena dia bikin lagu bikin karya. Bukannya Satriani enggak berkarya, tapi beda karya instrumen dengan yang dinyanyikan. Kayak saya tiap mau tidur saya selaku berpikir 1 aransemen yang mau saya bikin apa. Atau membuat sebuah kegiatan yang tidak lepas dari musik," ungkapnya.

Ridho Slank himbau semua musisi agar selalu berkarya © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaRidho Slank himbau semua musisi agar selalu berkarya © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya


Bagi Ridho, seorang seniman khususnya musisi akan selalu dikenang lewat semua karya mereka. Tak heran jika ia terus menghimbau agar para musisi terus menelurkan karya dari waktu ke waktu. Tak hanya itu saja, ia pun tak bisa menutupi rasa bangganya pada fakta yang menulis tentang kehebatan musikalitas orang Indonesia.

"Semua musisi punya tempat yang saya hanya mungkin penempatannya aja. Seorang entertainer belum tentu bisa mengajar, ada posisi seorang seniman bisa mengajar tapi belum tentu ngetop. Ada juga yang berada di level kalangan menengah ke bawah. Jadi semua penting," lanjutnya.

"Di perpustakaan di Amrik ada buku tertulis orang Indonesia musikalitasnya tinggi sekali. Instrumen musik terbanyak di dunia itu Indonesia. Dari Aceh sampai Papua ada instrumen musim perkusi. Bunyi-bunyian dari Aceh sampai Papua spesifik dan kaya banget," tandasnya.

Jangan Lewatkan!!!

Anak Artis Season 3 - Ada Apa Dengan Yogyakarta

Kinoy galau gaes... - KapanLagi #LUPAINMANTAN

Tak Hanya Jago, Ridho Slank Harap Musisi Bisa Jaga Attitude

Tak Hanya Jago, Ridho Slank Harap Musisi Bisa Jaga Attitude

Gigih! Ridho Slank Yakinkan Ayahnya Agar Direstui Dalam Bermusik

Berkarir di Musik, Ridho Slank: Butuh Effort dan Nyali Yang Kuat

(kpl/pur/cvn)

Editor:

Cinthya Septavy

Rekomendasi Pilihan



Fotografernya sendiri adalah sang gitaris, Ridho Hafidz.
10 Foto


Lihat Arsip Selebriti

- - -