SELEBRITI

Selain Uki NOAH, Ini 8 Anggota Band yang Memilih Hijrah

Sabtu, 10 Agustus 2019 11:36 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Bjah, Uki NOAH, dan Fadly Padi © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Uki NOAH baru saja kagetkan publik dengan keputusannya keluar dari NOAH. Hal itu setidaknya ia umumkan lewat Instagram pada Kamis (8/8) lalu. Nggak sedikit penggemar yang patah hati, kendati banyak juga yang beri dukungan.

Selain memilih keluar dari NOAH, Uki juga sudah memilih untuk berhijrah sejak beberapa waktu silam. Nggak sendiri, istrinya, Metha Yunatria juga kini berhijab. Siapa sangka, nggak cuma Uki lho anak band yang berhijrah. Setidaknya ada 8 sosok yang memilih hal serupa. Siapa saja mereka?

1. Sakti Sheila on 7

Dilansir dari Liputan6.com, mantan gitaris Sheila on 7 ini putuskan keluar dari band sejak tahun 2006. Sakti lantas memilih untuk berhijrah dan dalami Agama Islam. Keputusan itu diambil ketika ia mendengar kabar ibunya terbaring di rumah sakit.

Masih dilansir dari sumber yang sama, Sakti kala itu merasa punya waktu sedikit bersama keluarga. Pasalnya Sheila on 7 emang lagi sibuk-sibuknya manggung. Pergolakan batin terjadi dan keputusan hijrah diambil. Ia lantas mengganti nama jadi Salman Al Jugjawi.

2. Reza NOAH

Jika Uki memutuskan keluar baru sekarang, sebelumnya ada Reza yang hengkang duluan pada tahun 2014 silam. Reza juga berhijrah. Menurut Liputan6.com, Reza banyak instropeksi dan ikuti berbagai kajian agama selama masa vakum NOAH. KLovers pasti masih ingat band ini pernah vakum gara-gara Ariel, sang vokalis, terseret kasus pornografi. 

3. Andika The Titans

Sosok ini pasti nggak asing lagi bagi KLovers. Ya, ia adalah mantan keyboardis Peterpan. Andika putuskan Hengkang dari Peterpan pada tahun 2006. jauh lebih dulu dibandingkan Reza dan Uki.

Andika lantas bikin band baru bernama The Titans dan berkarya di sana. Kini, menurut Liputan6.com, ia nggak lagi aktif bermusik namun lebih sering habiskan waktu memperdalam agama islam.

4. Ivanka SLANK

Nggak semua anggota band yang hijrah memilih untuk hengkang. Setidaknya hal itu dibuktikan oleh Ivanka SLANK. Ya, kendati berhijrah, ia masih aktif tuh di manggung bareng SLANK.

Dilansir dari Liputan6.com, Ivanka dulunya sempat coba-coba konsumsi putaw dan ganja bersama para personil band lainnya. Berlahan tinggalkan itu, ia lantas dalami agama Islam.

5. Fadly Padi

Pada 2017 silam Fadly pernah mengungkap keinginannya untuk berhijrah sekaligus pindah ke kampung halaman agar bisa lebih dekat dengan sang ibu.

"Kalau mau hijrah sih Insha Allah. Hijrah fisik dua tahun lagi saya mau tinggal di kampung halaman paling lambat. Dekat sama ibu saya karena ibu saya tinggal sendirian. Hidup sederhana, fokus pada hal-hal yang lebih banyak buat beriman dan mungkin Jakarta sudah bosen ngeliat saya karena sudah 20 tahun," tuturnya saat ditemui di launching ALBUM RELIGI TERBAIK, KFC Kemang, Jakarta Selatan pada Mei 2017 silam. 

6. Sunu Eks Matta Band

Sunu Fabian atau Sunu eks Matta Band memilih berhijrah bersama Ray Nineball. Vokalis band yang terkenal dengan hits Ketahuan ini punya penampilan syar'i dengan gamis, surban dan juga jenggot yang mengikuti sunnah Nabi.

Tak dipungkiri, Sunu mengaku jika dirinya juga punya rasa rindu terhadap dunia yang membesarkan namanya dulu. "Ada juga. Cuma rasa ini tuh gak lebih kuat dari apa yang saya rasain sekarang. Ada perasaan saya seperti hidup baru," tuturnya saat ditemui di Silaturahminya Selebrita, di Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Juni 2016 silam.

7. Rizal Armada

Seperti yang diketahui jika Rizal Armada kini lebih sering mengikuti kajian. Bukan tanpa alasan mengapa dirinya lebih religius. Tentu ada keinginan dari hatinya ingin lebih mendalami agama. Selain itu, ia ingin menjadi sosok imam yang baik untuk istrinya.

Apalagi sang istri, Monica Imas merupakan seorang mualaf. "Yang pertama ingin memperbaiki diri. Kedua Alhamdulillah, istri kan mualaf jadi dia butuh sosok imam yang baik dan saya juga mengejar ketertinggalan," ungkap Rizal Armada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, pada Mei 2019 lalu.

8. Bjah The Fly

Muhammad Hamzah atau Bjah The Fly kini telah hijrah dari kehidupannya sebagai vokalis band dengan segala popularitasnya. Sekarang Bjah berkarir sebagai GM Sales dan Marketing di sebuah PT.

Selepas undur dari belantika musik, Bjah berguru kepada ustaz yang mendulang ilmu hingga S3 di Mekkah, Madinah. Nama guru Bjah tersebut ustaz Khalid Basamalah. "Barulah saya sadar nih mas. Saya nuntut ilmunya Dari guru-guru saya, ustaz Khalid Basalamah," tuturnya.

(kpl/tdr)


REKOMENDASI
TRENDING