SELEBRITI

Sosok Mendiang Titi Qadarsih di Mata Slamet Rahardjo: Sederhana dan Dekat Dengan Alam

Selasa, 23 Oktober 2018 15:00 Penulis: Tyssa Madelina

Slamet Rahardjo soal Titi Qadarsih © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Kepergian Titi Qadarsih untuk selama-lamanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat. Saat prosesi pemakamannya, terlihat beberapa rekan artis ikut mengantarkan ke peristirahatan terakhir dan salah satunya adalah aktor senior Slamet Rahardjo.

Slamet pun mengenang sosok sahabatnya sebagai pribadi yang sederhana dan apa adanya. Hal yang paling ia ingat adalah ketika mereka masih berada di bawah naungan teater arahan Teguh Karya.

"Titi itu buat saya orangnya serius tapi cara berpikirnya sederhana, sehingga kita bisa paham yang dia mau. Misalnya, terlambat latihan di Teater Populer, kamu tahu dong Teguh Karya kayak gimana galaknya. 'Titi kenapa kamu terlambat?' 'Ya aku ketiduran' 'Kamu tau nggak ini jam berapa? Orang udah menunggu'," ujarnya seraya menirukan adegan Teguh Karya dan Titi Qadarsih saat itu.

"Iya tapi saya ketiduran, tidur itu panggilan alam. Jadi jangan salahkan saya, salahkan alam. Itu nature call, Teguh Karya diam. Nah Teguh Karya, orang yang kalah juga dengan logika-logika sederhana tapi benar. Sehingga kalau yang lain, pakai alasan kiri kanan depan belakang, macet lah segala macam," ujar Slamet Rahardjo menirukan Titi semasa muda, saat ditemui di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).

1. Mengenal Alam Lewat Titi Qadarsih

Selain belajar lewat pemikirannya yang sederhana, Slamet mengaku mempelajari keindahan alam lewat sosok Titi Qadarsih. Dibesarkan di lingkungan yang tak dekat dengan hal itu, Slamet pun dibawa oleh mendiang Titi jalan-jalan di bawah deras hujan.

"Titi qadarsih adalah orang yang mengantar saya mengenal alam, hobi dia, saya menemani Titi kalau hujan deras, kami jalan dari bundaran HI ke Monas. Di bawah hujan deras, dalam dinginnya air hujan dan dalam basah kuyupnya kami. Kami mulai berdialog dengan alam," ungkapnya.

"Sengaja supaya anak seperti saya ngerti dengan alam. Saya pernah bilang, kamu itu anak menteri tapi kok bajumu bahannya kain blacu semua. Dia jawab, 'Blacu tuh artistik', nah baru tahu kan?" imbuh Slamet.

2. Terakhir Bertemu Dengan Titi Qadarsih

Slamet mengaku sempat bertemu dengan Titi Qadarsih seminggu sebelum Almarhumah berpulang. Kala itu mereka banyak berbincang soal kehidupan. Diakui oleh Slamet, Titi sempat mengungkapkan harapannya yang belum tercapai soal bangsa Indonesia.

"Seminggu lalu pas sakit. Dia tetap Titi, nggak mengada-ada. Senyum. Dia nggak menandakan perpisahan. Cita-citanya yang belum tercapai dari Titi Qadarsih sih melihat Indonesia berkeadilan sosial," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING