SELEBRITI

Suasana Haru Keluarga Antar Rudy Badil ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Sabtu, 13 Juli 2019 14:40 Penulis: Gogor Subyakto

Pemakaman Rudy Badil. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Pendiri grup lawak Warkop DKI, Rudy Badil dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019). Puluhan pelayat sudah menunggu kedatangan jenazah Rudy Badil. Selain keluarga, dan kerabat, puluhan anggota organisasi pecinta alam pun hadir mengikuti proses pemakaman Rudy Badil.

Mulai dari organisasi Mapala UI, hingga Kerabat Pecinta Alam. Selain itu juga, beberapa sahabat seniman ikut hadir mengantarkan ke peristirahatan terakhir Rudy Badil, seperti Indro Warkop dan Amiel Kamil.

Tiba pukul 10.20 WIB, jenazah Rudy Badil langsung disambut pelayat. Para pelayat langsung membawa jenazah ke liang lahat. Tak lama kemudian, para pelayat juga menyanyikan nyanyian-nyanyian pujian dipimpin oleh seorang pendeta.

Sambil diiringi nyanyian pujian jenazah Rudy Badil dimasukkan ke liang lahat. Lalu, dilanjutkan dengan menabur bunga. Anak serta istri Rudy Badil begitu sedih melihat sang ayah berada di peristirahatan terakhir. Usai menabur bunga, keluarga serta sahabat Rudi Badil memberikan sambutan kepada para pelayat.

1. Sambutan Sang Anak

Kebanyakan dari mereka menceritakan tentang kehidupan Rudy Badil ketika membangun organisasi pecinta alam. Lalu, anak Rudi Badil, Banu juga memberikan sambutan di depan para pelayat sebelum sang ayah dikuburkan.

"Saya enggak akan ngomong betapa galaknya bapak saya. Betapa beringasnya bapak saya, karena saya yakin kalian semua sudah tau bapak saya seperti apa. Percayalah bahwa bapak saya mendidik saya sangat keras. Sama seperti mungkin teman-teman semua, junior-junior, teman-teman di Mapala, di Kompas dan di manapun," kata Banu Adikara.

2. Indro Warkop

"Saya ingat suatu malam bapak saya bilang sama saya. 'Kamu enggak apa-apa sakit hati sama bapak. Tapi percayalah, omongan keras bapak suatu saat akan berguna dan kamu akan berterima kasih kalau bapak nggak ada nanti," lanjut Banu.

Setelah itu, petugas pemakaman TPU Tanah Kusir langsung menurunkan tanah ke dalam liang lahat dan dilanjutkan menabur bunga. Keluarga, sahabat, serta aktor Indro Warkop ikut menaburkan bunga. Bahkan, Indro Warkop, setelah menabur bunga, sempat mendoakan Rudy Badil.

3. Doa Sang Anak

"Saya percaya kita semua ada di sini, berdiri di depan pusara beliau. Saya yakin kita semua yang pernah sakit hati, yang pernah kesel sama dia sekarang udah berterima kasih dan sangat merasa kehilangan Rudy Badil," ungkapnya

"Rudy Badil memang sudah tidak ada, bapak saya memang sudah tidak ada. Tapi ide-idenya tetep ada dan sekarang giliran kita untuk meneruskan legacynya dia. Selamat istirahat bapak, yang tenang di sana," tutup Banu.


REKOMENDASI
TRENDING