SELEBRITI

Tasya Kamila Bersyukur Sang Suami Berhasil Sembuh dari Kanker Getah Bening

Minggu, 25 Juli 2021 10:08

Tasya Kamila - Randi Bachtiar (credit: instagram.com/tasyakamila)

Kapanlagi.com - Suami Tasya Kamila, Randi Bachtiar sempat didiagnosa mengidap kanker getah bening. Setelah menjalani beberapa treatment serta perawatan intensif, kini Randi dinyatakan sembuh dari kanker.

Mantan artis cilik itu mengatakan, sang suami telah menjalani empat kali kemoterapi dan 25 kali radiasi setelah dioperasi. Setelah melewati proses tersebut, dokter memastikan bahwa tubuh Randi sudah bersih dari sel kanker aktif.

"Alhamdulillah Randi sudah bebas dari kanker tentunya ini sesuatu yang sangat kita syukuri dari kegalauan dan kesedihan kita selama ini, perjuangannya alhamdulilah udah selesai," kata Tasya dalam jumpa pers virtual, Sabtu (24/7/2021).

Tentu saja, Tasya dan Randi Bachtiar merasa bersyukur berhasil sembuh dari penyakit kanker getah bening. Dikabarkan, Randi sendiri akan melakukan nazar setelah dinyatakan sembuh dari penyakitnya tersebut. Namun, Tasya tidak memberitahu nazar apa yang akan dilakukan oleh suami tercinta.

"Jadi kalau nazar pastinya ada tapi kan ngapain juga aku omongin nggak usah diumbar lah. Dia dan usaha udah kita maksimalkan semampu kita setelah ada hasil sesuai ekspektasi sangat bersyukur. Randi pun udah lega banget dokternya juga memberikan kesan dan harapan juga 'kamu ketahuan cukup dini dan tipenya bisa disembuhkan walaupun cukup langka tapi alhamdulillah 85 persen banyak yang sembuh'," kata Tasya.

1. Fokus pada Kesehatan Randi

Pelantun lagu Anak Gembala itu mengatakan, selama Randi Bachtiar menjalani perawatan, imunitas sang suami sempat menurun. Tentu hal ini membuat Randi rentan terinfeksi jenis virus apapun, termasuk Covid-19. Supaya meningkatkan imunitas sang suami, Tasya kini fokus memperhatikan kesehatan Randi melalui asupan makanan.

"Yang jelas imun Randi turun banget limfositnya, leukositnya rendah banget diambang batas bawah, itu yang bikin Randi rentan terinfeksi virus, nggak cuma covid aja. Limfosit dan leukositnya kan rendah harus di push sama imodulator alami, kayak jamur-jamuran dan protein hewani. Ikan boleh, putih telur dianjurkan," kata Tasya.

"Katanya cancer kan nggak boleh daging, tapi karena goalnya meningkatkan imunitas limfosit dan leukosit dokter membolehkan dia untuk harus konsumsi protein hewani, daging itu satu kilo per Minggu. Kayak sesuai dokter aja, vitamin C, D, dan Zinc, olahraga, berjemur, dan juga jangan stress, jangan tetlalu stress itu berpengaruh sama imun dan tubuh kita," sambung Tasya.

Selain itu, Tasya mengatakan bahwa dirinya harus memperhatikan berat badan sang suami. Pasalnya, kelebihan lemak dalam tubuh bisa jadi penyebab sel kanker kembali aktif.

"Pemicu kanker balik itu kalau ada pelemakan di hati itu kalau overweight bisa balik lagi kankernya sama kurangin makanan fast food dan mengandung kimia, penguat rasa, itu harus dikurangin," tutup Tasya.


REKOMENDASI
TRENDING