SELEBRITI

Tegar Divonis 1 Tahun, Ahmad Dhani Sebut Sidangnya 'Diamputasi'

Selasa, 11 Juni 2019 20:45 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Ahmad Dhani © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Persidangan terkait ujaran kebencian yang dilakukan oleh Ahmad Dhani telah berlangsung, Selasa (11/6/2019). Vonis pun telah diberikan pada personel Dewa 19 itu. Yang mana, ia dijatuhi hukuman 1 tahun penjara.

Vonis itu pun dibilang lebih ringan, daripada tuntutan jaksa selama 1 tahun 6 bulan. Meski begitu, Ahmad Dhani merasa tidak terima. Ia pun langsung meminta banding.

"Tegar, tetep tegar. Malah tadi karena tahu sedikit banyak belajar soal hukum dia menyampaikan banding, dia sendiri yang menyampaikan banding," ungkap Aldwin Rahadian (Kuasa Hukum Ahmad Dhani) dihubungi via telpon, Selasa (11/6).

1. Respon Ahmad Dhani

Mengetahui vonis yang diberikan, Ahmad Dhani langsung membicarakan hal tersebut bersama kuasa hukumnya. Mereka menganggap jika sidang yang dilakukan ini telah 'diamputasi', seperti hakim yang mengabaikan fakta-fakta persidangan.

"Dia langsung konferensi pers sama saya. Dia bicara terlepas itu soal politik atau non politik dia tahu persis bahwa seharusnya dia lepas, karena dia mengikuti betul persidangannya. Di mana hakim ini mengabaikan fakta-fakta persidangan, ya tidak ada pertimbangan soal ahli saksi, dan pencabutan BAP itu, harusnya dibacakan. Ini nggak ada, jadi sangat kasar, banyak hal yang dalam tanda kutip diamputasi keterangan ahli itu," ungkap Aldwin.

"Ini jelas, pertama fakta persidangan itu diabaikan, di mana ahli dan saksi banyak yang mencabut BAP, kedua itu tidak menjadi rujukan padahal seharusnya keputusan MK ini mengikat, dan dijadikan rujukan. Keputusan MK nomer 50 tahun 2008. Di mana menyatakan bahwa tuduhan pasal 27 ayat 3 ini harus berdasarkan 310 dan 311, dan Delik Aduan Absolut, artinya orang yang merasakan pencemaran langsung, harusnya dia langsung yang melaporkan, ini kan yang melaporkan koalisi NKRI. Itu menyalahi sebetulnya," lanjutnya.

2. Upayakan Banding

Rencananya banding dilakukan segera. Ahmad Dhani dan kuasa hukum pun optimis banding akan berhasil. Apalagi melihat bahwa hukum harus diperlakukan secara adil.

"Ya seharusnya memang hukum ini ditegakkan secara adil dan normatif sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kalau kemudian keputusannya tak sesuai fakta persidangan ini repot. Oleh karena itu kita upayakan banding," tandasnya.

(kpl/apt/gen)


REKOMENDASI
TRENDING