SELEBRITI

Terseret Kasus Korupsi Wawan, Irwansyah Akui Bikin Perusahaan Bareng dan Dapat Saham Kosong

Sabtu, 30 Mei 2020 17:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Irwansyah © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Setelah 2 kali mangkir panggilan sidang dari Pengadilan Tipikor, akhirnya Irwansyah datang menjadi saksi kasus korupsi yang dilakukan oleh Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Sebelumnya, ia tak bisa datang ke pengadilan karena baru saja dari luar negeri, tepatnya dari Belanda.

Ketika ditemui awak media, Irwansyah menjelaskan masalah yang membuatnya jadi saksi korupsi Wawan. Semuanya berawal dari kerjasamanya dengan Wawan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang rencananya bergerak di bidang film.

Irwansyah mengenal Wawan dari manajer penyanyi Rebecca Reijman yang bernama Dita. Dari situ mereka kerap ngobrol dan karena tahu bahwa Wawan pebisnis, Irwansyah menawarkan untuk usaha bareng.

"Ini saya mau bikin film. Mau bergabung nggak? Ya boleh, kata dia. Tapi dia ngajak bikin perusahaan. 'Kita bikin perusahaan aja Wan, di luar dari perusahaan yang kamu sudah ada'. Akhirnya saya buat perusahaan itu (PT Andhika Cipta Pratama)," ujar Irwansyah ketika ditemui di Pengadilan Tipikor, Kamis, (28/5) lalu.

 

1. Irwansyah Bertugas di Lapangan

Dari kerjasama itu, Irwansyah dan Wawan deal untuk menjalankan PT Andhika Cipta Pratama. Wawan sebagai komisaris dan managering perusahaan serta tim, sementara Irwansyah bertugas menjalankan produksi di lapangan.

"Jadi pak Wawan dan rekan-rekan yang lainnya memberikan uang itu ke perusahaan PT. Andhika Cipta Pratama, dari situ kita memproduksi film, bayar kru dan lain lain itu udah habis sekitar 1 miliaran. Dan memang punya sisa Rp 50 juta untuk yang post produksi. Nah itu belum post produksi itu kasusnya udah jalan dan memang kita sudah sengaja disetop dan saya diminta untuk menyerahkan uang sisa tersebut ke KPK," terangnya.


2. Saham Kosong

Dari perjanjian awal, terungkap bahwa Irwansyah mendapatkan saham 15 persen di perusahaan. Namun menurut suami Zaskia Sungkar ini, saham yang ia miliki kosong belaka.

"Iya, saham saya saham kosong sebenarnya. Ya saya sebagai inisiator, saya sebagai pekerja di lapangan itu diberikan saham 15 persen oleh pak Wawan," ujar bintang film ini.


3. Irwansyah Rugi

Namun ketika ditanya apakah dirinya merasa jadi korban, Irwansyah memberikan jawaban mengambang. Ia sendiri tak yakin apakah menjadi korban atau tidak karena kerjasama mereka baru seumur jagung.

"Ga tau deh. Ya saya di sini kan baru ngejalanin bulan Mei, bulan Agustus terakhir. Nah baru 2 bulan itu saya bekerja. Ya alhamdulillah jerih payah saya di situ belum dibayar juga. Sebagai seorang artis saya juga belum dibayar di situ. Tapi kasus mas Wawan sudah ada dan ya sudah kita setop. Namanya belum rezeki ya," kata Irwan.

"Rugi waktu iya, rugi tenaga iya, lebih dari 2 bulan saya kerja kan. Saya merekrut tim, merekrut kru-krunya juga, artisnya, ya tugas produser lah. Jadi saya sudah menjalani itu. Karena filmnya belum selesai, belum menguntungkan, ya saya juga belum diuntungkan," tukasnya.

(kpl/dan/phi)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING