SELEBRITI

Terungkap, Pernikahan Aliff Ali dan Aska Ongi Tidak Sah Secara Agama Maupun Negara

Rabu, 06 Januari 2021 20:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Aliff Alli dan Aska Ongi © instagram/aliff_alli

Kapanlagi.com -
Ternyata, pernikahan pesinetron asal Malaysia Aliff Alli dan Aska Ongi tidak sah. Hal tersebut diakui Kuasa Hukum Aska Ongi, Sayyidi saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Rabu (6/1).

Aliff Alli diketahui mengajukan itsbat nikah dan cerai, atas pernikahannya dengan Aska Ongi. Ia mengajukan hal tersebut lantaran ingin mengesahkan pernikahan sirinya dengan Askaongi, dan kemudian menceraikan sang istri.

Akan tetapi, Askaongi mengklaim bahwa dirinya dinikahi secara tidak sah baik agama atau negara oleh Aliff Alli. Aska Ongi dikabarkan menikah siri dengan Aliff Alli pada 19 Desember 2018 lalu saat sedang hamil empat bulan dan hamil di luar nikah.

"Jadi sebagai kuasa hukum, pertanyaannya bagaimana seorang mau cerai kalau pernikahan tidak ada? Dari pihak sana berkata bahwa pernikahan ada berdasarkan agama. Agama yang mana yang mengizinkan pernikahan tanpa adanya wali," ungkap Sayyidi.




1. Askaongi Tidak Diiringi Wali

Selain itu, Sayyidi juga mengatakan ketika kliennya itu nikah siri dengan Aliff berlangsung, Aska Ongi tidak membawa wali nikah yang sah atau ada ikatan keluarga. Oleh karena itu, menurut Sayyidi ada dua poin bicara soal Wali, yakni wali nasab atau keluarga dan juga wali hakim, yang diatur dalam hukum islam sehingga, pernikahan siri Aska dengan mantan suami Nora Alexandra itu tidak sah atau tidak termasuk dalam kriteria hukum islam.

"Saat pernikahan agama yang digelar oleh Bu Aska dan pak Aliff itu, dari Bu Aska tidak ada wali. Walinya dari sahabat pihak termohon sendiri. Nah itu tidak termasuk kriteria hukum agama Islam jika kita bicara soal agama. Kalau negara tidak dicatatkan, jadi gimana mau cerai kalau pernikahan tidak ada," ujarnya.


2. Hormati Proses Peradilan

Tak hanya itu, selama dua tahun menikah siri keduanya juga telah dikaruniai seorang anak bernama Alyssa Ismilah Khan. "Permasalahan anak ya harus dibuktikan bahwa yang bersangkutan pemohon sebagai ayahnya. Ya kita hormatilah proses peradilan di sini. Jangan langsung ada perceraian sedangkan pernikahan tidak ada," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, biduk rumah tangga Aliff Alli dan Aska Ongi terkuak sepanjang tahun 2020 ini. Mulai dari isu Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) mewarnai pernikahan mereka yang hanya berjalan dalam hitungan beberapa tahun saja.

(kpl/irf/phi)

Reporter: Irfan Kafril


REKOMENDASI
TRENDING